Likud: Pemerintahan Netanyahu Tidak Akan Bertahan Lama

Tel Aviv, MINA – Seorang pejabat senior di partai yang berkuasa, pimpinan Benjamin , mengatakan pemerintah saat ini mungkin tidak akan bertahan lama.

Kepala Komite Ekonomi di Parlemen Pendudukan (Knesset), David Bitan, mengatakan kepada situs web Ibrani Ynet, Kamis (16/2/2023), PM Netanyahu tidak mampu mengendalikan rencana untuk “melemahkan peradilan.”

Dia menambahkan, kekuatan protes anti-pemerintah yang masif dan peringatan para ahli menyebutkan “Netanyahu mengkhawatirkan.” Quds Press melaporkan.

“Sulit bagi pemerintah saat ini untuk bertahan, karena semua faksi terus bersaing untuk mendapatkan suara,” ujarnya.

Bitan meminta pihak oposisi untuk mencabut penentangannya, dengan mengatakan, “Kami memiliki mayoritas, dan kami dapat menyetujui apa pun yang kami inginkan, dan kami dapat mencapai konsensus.”

Pernyataan Bitan tentang kelanjutan mandat pemerintah pendudukan dilatarbelakangi oleh perselisihan antara ketua partai Zionisme Agama, Bezalel Smotrich, yang memegang Kementerian Keuangan, dan Menteri Perang, Yoav Gallant, atas tanggung jawab untuk pemukim di Tepi Barat.

Koalisi Israel yang berkuasa (ekstrim kanan) juga baru saja menunda pemungutan suara Rabu, hingga pekan depan, untuk membahas rancangan undang-undang yang dapat melemahkan peradilan.

Presiden Israel, Isaac Herzog meminta menunda pemungutan suara selama beberapa hari. Sedangkan ketua oposisi, Yair Lapid, menuntut  untuk menunda selama dua bulan, yang ditolak oleh mayoritas koalisi. (T/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.