Madani Umumkan Peluncuran Pusat Dialog, Perdamaian dan Pemahaman OKI

Tashkent, 18 Muharram 1438/19 Oktober 2016 – Sekretaris Jenderal Organisasi Islam Kerjasama () Iyad Ameen Madani mengumumkan peluncuran laman resmi Pusat Dialog, Perdamaian dan Pemahaman (CDPU) OKI pada pembukaan ke-43 Dewan Menteri Luar Negeri  di ibukota Uzbekistan, Tashkent, Selasa kemarin.

Pusat ditempatkan di bawah pengawasan dari Direktorat Dialog di Sekretariat Jenderal OKI. Pusat memiliki misi utama melawan narasi teroris serta membongkar berbagai bentuk struktur ideologi, melalui siaran pesan, artikel dan video untuk menghilangkan prasangka tuduhan kelompok teroris juga ekstrimis di negara-negara anggota.

CDPU akan menjadi referensi dan platform untuk komunikasi dan konsultasi antara entitas yang bersangkutan dengan perang melawan terorisme dan ekstremisme di dunia Muslim, demikian laporan IINA yang diterima MINA.

Sidang ke-43 Dewan Menteri Luar Negeri OKI mulai digelar pada Selasa pagi kemarin di Tashkent, ibukota Uzbekistan, dan akan berlanjut hingga Rabu ini.

Sidang kali ini diresmikan oleh Wakil Perdana Menteri Pertama dan Menteri Luar Negeri Negara Kuwait Sheikh Sabah Khaled Al-Hamad Al-Sabah, yang merupakan Ketua Sidang ke-42 Dewan Menteri Luar Negeri OKI.

Presiden interim Uzbekistan Shavkat Mirziyoyev telah menyampaikan pernyataan dalam upacara pengukuhan, mengungkapkan arti mendalam dari tema sidang ini “Pendidikan dan Pencerahan: Jalan Menuju Perdamaian dan Kreativitas,” yang diusulkan mendiang Presiden Uzbekistan Islam Karimov. Dia menekankan pada perlunya mempertimbangkan aspek spiritual pendidikan dan memperkuat ikatan kerjasama di kalangan pemuda. (T/R05/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.