Majelis Umum PBB Adakan Sesi Khusus Bahas Palestina

New York, MINA – Majelis Umum PBB membuka sesi pleno ke-41 dalam sesi ke-77, membahas tentang masalah khusus , Rabu (30/11/2022).

Sidang membahas draf resolusi tentang Palestina, termasuk draf resolusi tentang Komite Pelaksanaan Hak Asasi Rakyat Palestina, dan meminta Sekretaris Jenderal untuk terus menyediakan semua fasilitas yang diperlukan Komite untuk menjalankan tugasnya. Sahifah Al-Quds melaporkan.

Dalam sesi tersebut, PBB mempresentasikan laporan komite, yang meminta Israel, kekuatan pendudukan, untuk memenuhi kewajibannya berdasarkan hukum humaniter internasional dan hukum hak asasi manusia internasional, dan untuk menghormati situasi saat ini di tempat-tempat suci di Yerusalem, termasuk situasi sejarah dan hukum terkini di Masjid Al-Aqsa.

Komite meminta pemerintah pendudukan untuk melakukan penyelidikan segera, independen dan tidak memihak terhadap semua insiden yang melibatkan penggunaan kekuatan berlebihan dan hilangnya nyawa warga Palestina, termasuk anak-anak, termasuk kematian Sherine Abu Aqleh.

Baca Juga:  Senantiasa Beramal Shaleh adalah Mindset orang Beriman

Komite menyambut baik seruan untuk perlindungan warga Palestina, sejalan dengan hukum humaniter internasional, serta temuan PBB terkait kematian Sherine Abu Aqleh.

Komite juga menegaskan kembali, penyelidikan internasional yang kredibel dan transparan untuk hal itu sangat mendesak.

Komite meminta otoritas pendudukan untuk menghentikan semua kegiatan pembangunan pemukiman dan menahan diri dari tindakan sepihak dan provokatif yang memicu ketidakstabilan dan mengubah komposisi demografis wilayah Palestina yang diduduki, status dan karakternya.

Komite Pelaksanaan Hak-Hak Rakyat Palestina menambahkan, “Tindakan-tindakan ini dapat merusak prospek pencapaian solusi dua negara berdasarkan pra-1967 berbatasan, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kota Palestina, sesuai dengan hukum, dan resolusi PBB yang relevan, termasuk Resolusi Dewan Keamanan 2334 tahun 2016, Prinsip Madrid, dan Inisiatif Perdamaian Arab.” (T/RS2/P2)

Baca Juga:  Imaam Yakhsyallah: Meski Freedom Flotilla Tertunda, Perjuangan Tak Boleh Surut

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.