Melalui All Together Festival, KBRI Tokyo Promosikan Indonesia

Melalui All Together Festival, KBRI Tokyo Promosikan Indonesia (foto: KBRI Tokyo)

Tokyo, MINA – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo berpartisipasi dalam All Together Festival (ATF) 2024. Festival tersebut berlangsung di Tokyo International Exchange, Center Plaza, Tokyo, Ahad (21/1).

Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya , Meinarti Fauzie mengatakan, ATF efektif sebagai ajang promosi Indonesia kepada warga asing. Saat ini, tercatat ada lebih dari 3,2 juta warga asing yang bermukim di Jepang. Adapun jumlah Warga Negara Indonesia (WNI) di Jepang per Juni 2023 mencapai 122.028 jiwa.

“Kegiatan ini juga efektif untuk mempromosikan Indonesia di tengah masyarakat Jepang dan warga asing yang hadir. Tadi, pihak panitia menyampaikan bahwa stan Indonesia paling ramai dan paling banyak dikunjungi,” ucapnya.

Kegiatan ATF 2024 digelar oleh Immigration Service Agency, Kementerian Kehakiman Jepang. Festival ini bertujuan memperkuat keharmonisan antara warga Jepang dengan para warga asing pendatang di negeri matahari terbit itu.

Stan KBRI Tokyo menyajikan tampilan wastra Indonesia, informasi pariwisata, serta sejumlah produk kriya dan kuliner instan khas Indonesia sebagai omiyage (suvenir) bagi para pengunjung. KBRI Tokyo juga membuka layanan konsultasi kekonsuleran bagi pengunjung yang hadir di festival ini.

“Kegiatan ini juga kami manfaatkan untuk menjaring Survei Citra Indonesia 2024. Ada lebih dari 100 responden warga asing yang kita dapatkan hanya dalam beberapa jam saja,” kata dia.

Sementara itu, sejumlah warga Jepang juga terlihat asyik berfoto mengenakan kebaya dan kain batik Indonesia. Kawasaki, salah seorang warga Jepang pengunjung stan KBRI Tokyo, mengaku sangat terkesan atas kekayaan ragam budaya Indonesia.

“Terima kasih atas suvenir Indonesia-nya. Saya tadi juga boleh mengenakan kebaya dan kain, dan saya ingin sekali dapat berwisata ke Indonesia,” ujar Kawasaki. (R/RE1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.