Memburuknya Situasi di Suriah, Indonesia Minta Semua Pihak Menahan Diri

Menlu RI, Retno L.P Marsudi. Foto:Kemlu RI

Jakarta, MINA – Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI meminta agar semua pihak dapat menahan diri dan terjadinya eskalasi memburuknya situasi di Suriah.

“Indonesia menegaskan kepada semua pihak untuk menghormati nilai dan hukum internasional, khususnya Piagam PBB mengenai keamanan dan perdamaian internasional,” ujar Kemlu RI dalam pernyataan tertulis yang diterima MINA, Sabtu (14/4/2018).

Dalam pernyataan itu, Indonesia menyatakan keprihatinannya atas perkembangan yang terjadi di Suriah.

“Indonesia juga meminta semua pihak untuk menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat sipil, terutama wanita dan anak-anak harus selalu merupakan prioritas,” tambahnya.

Kemlu RI juga menekankan pentingnya penyelesaian konflik di Suriah secara komprehensif melalui negosiasi dan cara-cara damai.”Pekan lalu, Indonesia telah menyampaikan kecaman keras penggunaan senjata kimia di Suriah oleh pihak manapun.”

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pada Jumat (13/4), Presiden Donald Trump mengumumkan bahwa AS, Inggris dan Perancis bersama-sama meluncurkan serangan yang menargetkan tempat penyimpanan senjata kimia yang diduga digunakan Al- Assad.

Serangan itu menargetkan pusat penelitian senjata kimia, gudang senjata kimia dan pusat komando, kata Pentagon. (L/R04/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.