Menhan Prabowo Yakini China, AS Bijaksana Demi Perdamaian Dunia

Foto: Dok ISS

Singapura, MINA – Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto mengatakan, dirinya meyakini kekuatan besar dunia, yaitu China dan Amerika Serikat akan berbijaksana demi .

“Kami yakin bahwa para pemimpin kekuatan besar menyadari tanggung jawab besar di pundak mereka,” kata di forum International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2022 Sabtu (11/6).

IISS Shangri-La Dialogue 2022 yang berlangsung mulai 10 sampai 12 Juni 2022 merupakan ajang penting pemimpin-pemimpin pertahanan di Asia Pasifik, di mana para menteri membicarakan tantangan keamanan terkini di kawasan Indo-Pasifik, serta memberikan kesempatan pertemuan-pertemuan bilateral untuk menghasilkan pendekatan-pendekatan baru dalam penyelesaian permasalahan pertahanan.

“Kami yakin bahwa para pemimpin China akan memegang tanggung jawab mereka dengan kebijaksanaan dan kebajikan. Karena itu adalah ajaran filosofis mereka. Konfusius, semua filsuf besar China, selalu mengajarkan kita bahwa kekuasaan dan kepemimpinan harus selalu datang dengan kebajikan,” sambungnya.

Sementara itu, Prabowo mengatakan, AS adalah negara besar yang dihormati karena perjuangannya melawan kolonialisme.

“Kami menghormati AS, AS sebenarnya telah terbukti sebagai kekuatan anti-kolonial, mereka adalah salah satu koloni pertama Inggris, mereka berjuang melawan kolonialisme. Mereka mendukung perjuangan kami untuk kemerdekaan. Kami tidak melupakan teman-teman kami yang mendukung kami,” ujarnya.

Prabowo pun menegaskan, Indonesia, sebagai negara yang akan terdampak dengan berbagai tantangan geopolitik dunia, mendukung tatanan internasional berbasis aturan atau rules-based order.

Indonesia, lanjutnya, sebagai negara dengan politik luar negeri bebas aktif, mengormati kepentingan semua negara dan tidak memihak.

“Bagi kami menghormati kepentingan semua tetangga kami dan semua kekuatan besar di wilayah ini adalah hal yang penting. Dan kami telah berhasil mencapainya dengan saudara-saudara kami di ASEAN, dan karena itu inilah yang juga ingin kami coba capai dalam situasi ini,” jelasnya.

Dengan segala tantangan yang kita hadapi, kita optimis, kita yakin bahwa kebijaksanaan, rasionalitas, akal sehat akan menang,” ujar Prabowo. (R/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.