Menlu Israel Kunjungi Maroko Pertama Kalinya Sejak Normalisasi

Rabat, MINA – Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid berangkat ke , menjadi kunjungan pertama diplomat top Israel sejak kedua negara menormalisasi hubungan tahun lalu.

Israel dan Maroko sepakat melanjutkan hubungan diplomatik pada bulan Desember tahun lalu dan meluncurkan kembali penerbangan langsung di bawah kesepakatan yang ditengahi oleh Presiden AS Donald Trump, AlJazeera melaporkan, Rabu (11/8).

Sebagai bagian dari perjanjian, Washington juga mengakui kedaulatan Maroko atas Sahara Barat, di mana telah terjadi sengketa teritorial selama beberapa dekade dengan Maroko dengan Front Polisario yang didukung Aljazair, sebuah gerakan yang berusaha untuk mendirikan negara merdeka di wilayah tersebut.

Memimpin delegasi menteri, Lapid akan meresmikan misi diplomatik Israel di Rabat, mengunjungi Kuil Beth-El yang bersejarah di Casablanca dan mengadakan pembicaraan dengan rekannya dari Maroko, Nasser Bourita, kata kantor Lapid.

“Kunjungan bersejarah ini merupakan kelanjutan dari persahabatan lama dan akar yang dalam serta tradisi yang dimiliki komunitas Yahudi di Maroko, dan komunitas besar orang Israel yang berasal dari Maroko,” kata Lapid menjelang kunjungan dua hari itu.

Maroko adalah salah satu dari empat negara Arab bersama dengan Uni Emirat Arab, Bahrain dan Sudan yang setuju menormalkan hubungan dengan Israel tahun lalu di bawah kesepakatan yang ditengahi AS.

Palestina menentang kesepakatan , dengan mengatakan negara-negara Arab telah membatalkan tujuan perdamaian dengan mengabaikan permintaan lama bahwa Israel mengembalikan tanah yang diduduki untuk negara Palestina sebelum dapat menerima pengakuan.

Pengumuman pada bulan Desember telah memicu kegemparan di Maroko, di mana beberapa protes diadakan untuk mengecam langkah tersebut.

Pada bulan Mei, ribuan rakyat Maroko berbaris di kota-kota di seluruh negeri untuk mengecam pemboman 11 hari Israel di Jalur Gaza yang terkepung, dengan Partai Keadilan dan Pembangunan yang berkuasa menuntut penutupan kantor penghubung Israel.

Presiden AS Joe Biden mengatakan dia ingin membangun hubungan baru Israel, yang telah diprioritaskan Lapid sejak menjabat menggantikan Perdana Menteri lama Benjamin Netanyahu, pada Juni sebagai bagian dari koalisi lintas-partisan.

Hanya berselang lima pekan yang lalu, Lapid melakukan kunjungan pertama yang penting oleh seorang menteri luar negeri Israel ke UEA, di mana ia memuji hubungan Israel dengan negara Teluk Arab dan menyoroti kekhawatiran atas musuh bersama mereka, Iran.

Dua maskapai penerbangan Israel meluncurkan penerbangan komersial nonstop ke Marrakesh, Maroko, dari Tel Aviv bulan lalu, tetapi harapan untuk bonanza pariwisata yang lebih luas telah tertunda oleh lonjakan kasus COVID-19 di kedua negara.

Sementara itu, Lapid menulis di Twitter: “Lepas landas untuk kunjungan bersejarah ke Maroko!”, Sambil memposting foto layar keberangkatan pesawat terbang maskapai El Al.

Maroko negara Afrika Utara itu menampung komunitas Yahudi terbesar di dunia Arab yang berjumlah sekitar 3.000 orang, yang tersisa dari komunitas yang dulunya jauh lebih besar.

Sementara sekitar 700.000 orang Yahudi keturunan Maroko sekarang tinggal di Israel.

Maroko dan Israel mempertahankan kantor penghubung pada 1990-an, sebelum menutupnya selama Intifada Palestina kedua, atau pemberontakan, yang berlangsung lima tahun dari tahun 2000. (T/R7/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.