Menlu Retno: Tantangan Dihadapi Palestina Makin Berat, Tapi Indonesia Konsisten Membantu

Menlu RI Retno LP Marsudi pada saat Talk Show di Auditorium Prof. Seodarto, Universitas Diponegoro, Semarang (foto:Dok/Kemlu)

, MINA – Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi mengatakan, tantangan yang dihadapi Palestina semakin berat, namun Indonesia selalu konsisten dalam membantu perjuangan rakyat Palestina melalui dukungan politik di berbagai pertemuan internasional, bantuan ekonomi maupun kerja sama peningkatan kapasitas.

“Indonesia akan tetap bersama Palestina, mendampingi dan membantu dalam perjuangan hak-haknya” kata Menlu pada Talk Show di Auditorium Prof. Soedarto Universitas Diponegoro, Semarang, Jumat (30/8) . Talkshow ini merupakan bagian dari rangkaian acara Diplomacy Festival () Semarang yang diselenggarakan pada tanggal 29-30/8.

Di hadapan lebih 2.000 peserta pemuda pemudi Semarang, Retno menyampaikan pentingnya diplomasi selain sebagai investasi jangka panjang, juga berkontribusi langsung merintis kemajuan ekonomi bangsa.

“Melalui diplomasi ekonomi, kita buka pasar-pasar baru bagi produk Indonesia dan dorong ekspansi industri ke luar negeri” ujar Retno yang Semarang punya arti khusus baginya. Ia lahir dan besar di kota yang terkenal dengan sebutan Venetië van Java ini.

Selain itu, Menlu Retno juga mengajak para mahasiswa membedah beberapa fokus diplomasi Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB 2019-2020 untuk memelihara ekosistem damai dan penguatan organisasi kawasan, serta isu khusus Palestina.

“Konflik dan perang tidak akan memberikan manfaat bagi siapapun. Konflik akan dapat dihindari jika kita bersatu, saling menghormati perbedaan, bertoleransi, ini prioritas pertama Indonesia di DK PBB” jelas Menlu.

Sementara dalam penguatan organisasi kawasan, Menlu Retno menekankan pentingnya organisasi kawasan yang menjadi motor menumbuhkembangkan budaya damai terutama dalam menghadapi dinamika internasional yang penuh dengan pergesekan kepentingan.

Acara Diplomasy Festival tersebut diselenggarakan untuk membumikan capaian diplomasi Indonesia dan menginsipirasi generasi muda Semarang untuk berdiplomasi.  (T/Sj/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.