Menlu RI Bertemu Wakil Taliban, Mullah Amir Khan di Islamabad

Foto: Infomedia Kemlu

Islamabad, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI melakukan pertemuan dengan , Mullah Amir Khan Muttaqi di Islamabad, Pakistan, Ahad (19/12).

Dalam pertemuan tersebut Menlu Retno menyampaikan, Indonesia berharap agar janji Taliban yang disampaikan 16 Agustus dapat dilakukan dan dapat alami kemajuan yang signifikan.

“Harapan ini juga secara khusus saya sampaikan pada saat saya bertemu dengan Mullah Amir Khan Muttaqi dari Taliban,” ujar Retno dalam jumpa pers virtual seusai pertemuan.

Menurut Menlu wanita pertama Indonesia itu, implementasi janji Taliban tersebut akan memberikan kontribusi besar dalam menciptakan sebuah Afghanistan yang damai, stabil dan makmur.

Menlu RI melakukan pertemuan dengan perwakilan Taliban tersebut disela-sela menghadiri pertemuan luar biasa para Menlu Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) yang membahas mengenai situasi
kemanusiaan di Afghanistan.

Pertemuan luar biasa tersebut digelar untuk mencari solusi atas situasi kemanusiaan di Afghanistan yang dikhawatirkan akan semakin memburuk.

Retno mengatakan, semua bantuan kemanusiaan kepada rakyat Afghanistan harus segera diberikan guna hindari memburuknya krisis kemanusiaan di negara itu.

Indonesia, lanjut Retno siap untuk berkontribusi berikan bantuan kemanusiaan dan menjadi bagian dari kerja sama pengembangan pendidikan dan pengembangan kapasitas bagi pendidikan untuk perempuan. (L/RE1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.