Menlu RI Minta Bantuan ICRC Evakuasi WNI di Gaza

Jakarta, MINA – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi meminta dukungan Palang Merah Internasional (ICRC) untuk mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Gaza yang saat ini tengah menghadapi gempuran militer Israel.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Lalu Muhammad Iqbal mengatakan, permintaan tersebut Menlu sampaikan saat melakukan komunikasi dengan Presiden Palang Merah Internasional (ICRC) Mirjana Spoljaric, Selasa (10/10).

“Dalam komunikasi tersebut Menlu Retno meminta dukungan bagi evakuasi WNI dari Jalur Gaza,” kata Iqbal dalam keterangan tertulisnya.

“Menlu Retno juga mendesak agar ICRC ikut mendorong upaya penghentian kekerasan yang dilanjutkan dengan penerapan koridor kemanusiaan,” tambahnya.

Selain itu, lanjut Iqbal, Menlu Retno melakukan komunikasi dengan Menlu Filipina, Enrique Manalo untuk meminta evakuasi WNI dari wilayah konflik di Israel.

Baca Juga:  Akses Jalur Utama Bukittinggi-Padang Terputus Akibat Banjir Bandang di Lembah Anai

Filipina memiliki Kedutaan Besar di Tel Aviv.

“Permintaan Menlu Retno langsung ditanggapi Menlu Enrique dengan menginstruksikan Tim Filipina di lapangan,” kata Iqbal.

Upaya saling membantu evakuasi warga sering dilakukan Indonesia dan Filipina. RI membantu evakuasi warga Filipina dari Yaman (2015), Kabul (2021) dan Sudan (2023).

Iqbal menegaskan, Pemerintah Indonesia melakukan semua upaya yang dapat dilakukan dan melalui berbagai jalur guna memberikan perlindungan kepada WNI dan untuk menghentikan kekerasan sesegera mungkin. (R/RE1/p1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Ismet Rauf