Menteri Sayap Kanan Serbu Al-Aqsa, Wapres RI Minta Israel Jangan Ganggu Ketenangan Dunia

Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma’ruf Amin.(Setwapres RI)

Bogor, MINA – Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma’ruf Amin meminta Israel jangan mengganggu ketenangan dunia mengingat baru-baru ini, masyarakat internasional dikejutkan dengan kabar Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir yang melakukan kunjungan ke kompleks pada Selasa (3/1/2023).

Wapres pun berharap, situasi antara dan Israel tidak semakin diperkeruh, mengingat dunia internasional masih terdampak dari peperangan Rusia dan Ukraina.

“Kita sudah dalam keadaan tidak baik-baik saja. Sudah ada perang Rusia-Ukraina, jangan ditambahkan lagi nanti dunia ini akan dihebohkan hal-hal yang baru mengganggu ketenangan,” ujar Kyai Ma’ruf dalam keterangan pers yang dilaporkan di laman resmi , Ahad (8/1).

Dalam hal ini, Indonesia selalu konsisten menjalankan politik luar negeri yang memberikan dukungan penuh terhadap perjuangan Palestina.

Oleh karena itu, satu hari setelah kejadian, Pemerintah Indonesia memberikan pernyataan yang mengutuk kunjungan Menteri Keamanan Nasional Israel ke komplek Masjid Al-Aqsa.

“Kalau ini melanggar kesepakatan internasional, harus diperingatkan,” tegas Wapres.

Lebih jauh, Indonesia juga menyerukan masyarakat internasional khususnya PBB untuk terus mendesak Israel guna menghentikan segala tindakan yang dapat mempengaruhi stabilitas dan keamanan di Kawasan.

Bagi umat Islam, Al-Aqsa merupakan tempat paling suci ketiga di dunia setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Arab Saudi. Orang Yahudi menyebut kompleks Masjid Al Aqsa sebagai Temple Mount (Bukit Baik Suci) karena dua kuil Yahudi berada di sana sejak zaman kuno.

Ben-Gvir adalah sosok yang berpegang pada pandangan sayap kanan menyangkut Palestina. Politikus itu juga menyebabkan gelombang ketegangan di kota pendudukan itu setelah dirinya mendirikan kantor di Lingkungan Sheikh Jarrah.

Pada November 22, Presiden Israel Isaac Herzog memperingatkan dalam rekaman audio yang bocor bahwa seluruh dunia prihatin tentang pandangan ekstremis Ben-Gvir. (R/R1/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.