MUI Ajak Semua Pihak Bergandengan Tangan Pascapemilu  

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Anwar Iskandar (Foto MUI)

Jakarta, MINA – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Anwar Iskandar mengajak seluruh pihak untuk bisa bergandengan tangan kembali pascapemilu 2024.

Kiai Anwar Iskandar memberikan pesan itu pada Halal Bihalal Idul Fitri 1445 H MUI dengan tema “Menguatkan Solidaritas Umat Demi Kemajuan Bangsa” di Jakarta, Selasa (7/5).

Dia mengajak seluruh seluruh warga negara untuk bergandengan tangan dan bersatu menyongsong Indonesia maju di masa yang akan datang.

“Halal Bihalal ini seperti sila ketiga Pancasila yakni persatuan Indonesia. Persatuan Indonesia program penting bagi bangsa dan negara ini untuk melangkahkan kakinya untuk Indonesia yang lebih baik,” ujarnya.

Dia juga mengajak warga bangsa Indonesia untuk menyambut hari esok dengan rasa optimisme dengan ridha Allah.

Baca Juga:  Polisi AS Pukuli dan Tangkap Demonstran Pro-Palestina

Lebih lanjut, Kiai Anwar menyampaikan posisi MUI sebagai mitra pemerintah atau shodiqul hukumah. Posisi tersebut diiringi dengan prinsip-prinsip saling menolong (ta’awun), saling menyayangi (tahabub), saling memaafkan (taafuf), dan saling memberi kemanfaatan (tashaluh).

“Ini platform yang dimiliki MUI dalam bekerja untuk melaksanakan tanggung jawab menjaga agama, NKRI serta menjaga, mengayomi, dan membimbing umat,” ujarnya.

Dia menegaskan, MUI dan organisasi massa Islam siap berdiri dibelakang pemerintah dan mendukung pemerintah apabila pemerintah memiliki komitmen memberikan pelayanan kepada rakyat melalui program-program yang bermanfaat untuk rakyat. Karena pemerintah diadakan memang untuk memberikan pelayanan terhadap rakyat.

Selain itu, dia juga berharap, Indonesia juga bisa bersih dari korupsi. Apabila masih ada korupsi, maka kesejahteraan tidak akan pernah sampai pada rakyat.

Baca Juga:  Pesawat Latih Jatuh di BSD, Tiga Tewas

Dalam kesempatan Halal Bihalal itu, MUI juga melakukan MoU berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi dan kesejahteraan umat dengan pemerintah melalui Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  (PPPA), dan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).

Ketum MUI Kiai KH Iskandar mengatakan penandatanganan MoU tersebut diharapkan memiliki aksi-aksi yang bermanfaat untuk kemakmuran rakyat dan bangsa Indonesia.

Hadir memberikan sambutan, Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin yang juga Ketua Dewan Pertimbangan MUI.

Hadir dalam kegiatan Halal Bihalal MUI ini di antaranya Wakil Presiden ke-6 Tri Sutisno, Wakil Presiden ke-11 dan ke-12 Jusuf Kalla, serta sejumla menteri, di antaranya Menkopolhukam Hadi Tjahjanto, Mendagri Tito Karnavian, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmayanti, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Baca Juga:  Mendag Zulkifli Hasan di APEC: Ekosistem Saling Menguntungkan

Hadir pula Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar, Ketua Baznas Prof Noor Achmad, para pimpinan MUI dan pimpinan ormas Islam, media dan undangan lainnya. []

Mi’raj News Agency (MINA)