Muktamar IMSA-MISG Tahun 2017 Resmi Dibuka

Pembukaan Muktamar IMSA-MISG Tahun 2017 di Denver Colorado, Amerika Serikat, Jumat (22/12).(Foto: Istimewa)

Colorado, Amerika Serikat, MINA – Muktamar Komunitas muslim Indonesia di Amerika Serikat (IMSA) dan komunitas muslim Malaysia di Amerika Serikat (MISG) Tahun 2017 di Denver, Colorado, resmi dibuka Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat Bapak Budi Bowoleksono, Jumat (22/12).

Sebagaimana keterangan pers yang diterima MINA, agenda upacara pembukaan yang dimulai sejak pukul 9:00 itu diawali oleh sambutan dari Dubes Budi, sambutan dari Presiden IMSA (Indonesian Muslim Society America) Syafrin Murdas dan President MISG (Malaysian Islamic Study Group) Saifudin Fakhri.

Pembukaan ajang Muktamar IMSA-MISG tahun 2017 di Denver, Colorado, Amerika Serikat ditandai dengan pemotongan pita secara bersamaan oleh Dubes Budi, perwakilan Kedubes Malaysia, President IMSA dan MISG, serta ketua panitia dari pihak IMSA & MISG.

Hesti Setiandari salah satu ketua panitia lokal komunitas muslim Colorado mengatakan, peserta dengan jumlah 886 orang datang dari 32 negara bagian dari total 50 negara bagian di Amerika Serikat.

“Mereka mulai berdatangan sejak dua hari sebelum dibuka secara resmi dengan berbagai moda transportasi,” jelas Hesti.

“Ada yang konvoi beberapa keluarga yang mereka harus berkendara ribuan kilo untuk mencapai lokasi muktamar di Denver, Colorado, adapula peserta yang menggunakan akomoda pesawat menuju muktamar.” tambahnya.

Muktamar IMSA-MISG memasuki tahun ke-18 berlangsung pada 22 – 26 Desember 2017 ini bertemakan “Living Under The Light of Qur’an and Sunnah (Hidup Dalam Naungan Cahaya Al-Qur’an dan AsSunnah).

Hadir sebagai pembicara utamanya adalah Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) M. Zainul Majdi atau biasa dikenal dengan sebutan Tuan Guru Bajang (TGB) dan Ustaz Salim A. Fillah, ustadz muda yang sedang nge-trend saat ini di Indonesia, serta pembicara lain dari Indonesia maupun Amerika Serikat.

Kegiatan rutin tahunan ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 1999 di Jefferson City, Missouri, Amerika Serikat. Peserta yang hadir saat pertama kali diselenggarakan mencapai 300 peserta.

Event Muktamar ini seperti halnya ajang silaturahmi akbar bagi seluruh muslimin dan muslimat Indonesia dan Malaysia beserta keluarganya yang berada di seluruh daratan Amerika untuk bertemu melepas kangen sambil mendapatkan ilmu serta wawasan keislaman.

Setiap tahunnya kegiatan Muktamar IMSA-MISG mengambil tempat lokasi yang berbeda-beda dari setiap negara bagian di Amerika Serikat.

Kegiatan ini pernah menghadirkan tokoh-tokoh nasional dari tanah air seperti Amien Rais, Hidayat Nur Wahid, Yunahar Ilyas, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Event Muktamar IMSA ini juga menjadi panggung bagi tokoh-tokoh muslim Amerika Serikat yang sudah banyak dikenal di kalangan komunitas muslim di Amerika, seperti Syaikh Yusuf Estes, Imam Suhaib Webb, Imam Siraj Wahaj.(L/R01/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)