Negara-Negara Arab Tolak Ikuti KTT Tandai Kesepakatan Abraham

Tel Aviv, MINA – Israel telah membatalkan rencana mengadakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) untuk menandai peringatan dua tahun perjanjian damai yang ditandatangani dengan negara-negara Arab, media lokal Israel melaporkan, Senin (15/8).

Menurut laporan itu, diplomat dari beberapa negara Arab menolak untuk berpartisipasi dalam KTT di Israel, yang menandai ulang tahun kedua Perjanjian Abraham.

“Dengan sangat sedih kami terpaksa menunda Konferensi yang menandai peringatan dua tahun karena urgensi pemilihan, dan agar tidak menyeret mitra kami ke dalam kampanye,” kata Menteri Kerjasama Regional Israel, Esawi Freige, seperti dikutip MEMO.

Laporan itu mengatakan, negara-negara Arab tidak ingin ikut campur dalam pemilihan umum Israel mendatang dengan bergabung dalam pertemuan ini. Diyakini Pemerintah Israel mengadakan KTT ini dalam rangka kampanye menghadapi pemilu yang akan datang.

Baca Juga:  Ismail Haniyeh Tegaskan Hamas Serius Dalam Perundingan

Kesepakatan Abraham adalah perjanjian damai antara Israel, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Amerika Serikat yang dicapai pada tahun 2020. Maroko dan Sudan kemudian bergabung dengan perjanjian itu, setelah perdagangan kuda geo-politik. (T/R6/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: siti aisyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.