Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Negara-Negara Eropa terus Persenjatai Israel

Rudi Hendrik Editor : Arif Ramdan - Kamis, 11 Juli 2024 - 22:03 WIB

Kamis, 11 Juli 2024 - 22:03 WIB

21 Views

Ilustrasi: tank Israel. (Foto: Anadolu)

Oleh Yasin Gungor, wartawan Anadolu

Negara-negara Eropa terus memasok senjata kepada Israel ketika negara pendudukan itu melanjutkan serangan militernya di Gaza melakukan genosida.

Anadolu telah mengumpulkan rincian penjualan militer negara-negara Eropa ke Israel sejak pecahnya perang dengan Hamas pada 7 Oktober 2023.

Perancis, Italia dan Jerman, serta Amerika Serikat, menyumbang 81% impor senjata di Timur Tengah antara tahun 2019 hingga 2023, menurut Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), sebuah lembaga internasional independen yang berbasis di Swedia yang didedikasikan untuk penelitian konflik, persenjataan, pengendalian senjata dan perlucutan senjata.

Baca Juga: Pilkada 2024 Ajang Merajut Persaudaraan

Pengeluaran militer Israel melonjak 24% menjadi $27,5 miliar setelah serangannya di Gaza, menjadikannya pembelanja senjata terbesar kedua di Timur Tengah.

Dari tahun 2014 hingga 2022, Uni Eropa memberikan izin ekspor ke Israel senilai sekitar €6,3 miliar ($6,8 miliar).

Senjata-senjata ini diduga berkontribusi terhadap kematian lebih dari 38.000 warga sipil di Gaza, termasuk 10.000 wanita dan lebih dari 15.000 anak-anak.

Meskipun beberapa negara Eropa, termasuk Belgia, Italia, Belanda dan Spanyol, memutuskan untuk menghentikan penjualan senjata ke Israel, terdapat laporan pers bahwa perdagangan ini terus berlanjut.

Baca Juga: Amalan-Amalan di Bulan Rabiul Awal

Pemasok senjata utama Eropa

Jerman tetap menjadi pemasok senjata terbesar Israel di Eropa, menyediakan sekitar 30% impor Israel antara tahun 2019 hingga 2023. Pada tahun 2023, pengiriman senjata Jerman ke Israel meningkat sepuluh kali lipat menjadi €326,5 juta, dan mencapai puncaknya setelah 7 Oktober.

Sebagian besar ekspor senjata Prancis pada 2019-2023 ditujukan ke negara-negara Timur Tengah, yaitu sebesar 34% dari total ekspornya. Negara tersebut diketahui menyediakan suku cadang untuk sistem pertahanan rudal Israel yang dikenal dengan nama Iron Dome.

Meskipun undang-undang membatasi penjualan senjata kepada pelanggar hak asasi manusia, Italia menjual senjata senilai €2,1 juta ke Israel pada kuartal terakhir tahun 2023.

Baca Juga: Kisah Perjuangan Relawan Muhammad Abu Murad di Jenin di Tengah Kepungan Pasukan Israel

Menteri Pertahanan Italia Guido Crosetto mengeklaim tidak ada transfer senjata baru ke Israel sejak 7 Oktober, meskipun ada ada transfer senjata baru ke Israel sejak 7 Oktober menurut laporan penjualan yang sedang berlangsung oleh perusahaan seperti Leonardo. Lisensi ekspor Italia ke Israel antara tahun 2014 dan 2022, termasuk untuk kapal perang, senjata ringan, artileri, pesawat terbang, dan amunisi, bernilai total €114 juta.

Inggris telah mengeluarkan lebih dari £448 juta ($576 juta) dalam bentuk lisensi senjata kepada Israel sejak tahun 2015. Selain itu, 15% bahan yang digunakan dalam produksi jet tempur F-35 yang dibeli oleh Israel sejak tahun 2016 dipasok oleh perusahaan-perusahaan Inggris, menurut laporan badan amal Action on Armed Violence yang berbasis di London.

Pemasok Eropa lainnya

Belanda mengeluarkan izin ekspor sebesar €19 juta ke Israel antara tahun 2014-2022, dan mencapai puncaknya sebesar €10 juta pada tahun 2022 saja. Keputusan pengadilan di negara tersebut pada tahun 2024 menghentikan ekspor suku cadang F-35 ke Israel, dengan alasan risiko pelanggaran hukum kemanusiaan.

Baca Juga: Doa Hari Jumat yang Diamalkan Rasulullah

Meskipun menghentikan penjualan senjata, Belgia mentransfer senjata senilai €46 juta ke Israel antara tahun 2014 hingga 2022, termasuk bahan peledak dan suku cadang pesawat.

Portugal mengeluarkan lebih dari €12,5 juta izin ekspor ke Israel, sebagian besar untuk material terkait pesawat terbang.

Lisensi senjata Austria ke Israel berjumlah €33 juta, Slovakia €117 juta, dan ekspor senjata Republik Ceko berjumlah €127 juta dari tahun 2014-2022, dengan pengiriman rompi balistik dan peralatan militer baru-baru ini.

Penjualan Hongaria melebihi €15 juta, dengan kontrak penting untuk produksi drone yang melibatkan perusahaan Israel dan Jerman.

Baca Juga: Kepemimpinan Umat Islam dan Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia

Ekspor senjata Polandia senilai €4,9 juta ke Israel, €6,1 juta dari Slovenia, dan €427 juta dari Rumania termasuk pesawat terbang, kendaraan militer, dan transfer amunisi.

Senjata Bulgaria senilai €49 juta termasuk bahan peledak dan senjata ringan.

Yugoimport-SDPR milik negara Serbia melaporkan ekspor senjata senilai €14 juta ke Israel pada awal tahun 2024.

Nilai total dari 21 izin ekspor antara Yunani dan Israel tercatat sebesar €7,6 juta.

Baca Juga: Turkiye dari Eropanisasi, Stres, Hingga Reislamisasi

Negara-negara Nordik, Baltik

Swedia mengeluarkan lisensi senilai kurang dari €1,3 juta untuk sistem penglihatan dan kontrol senjata, dengan kontrak signifikan dengan Elbit Systems Israel senilai $170 juta pada akhir tahun 2023.

Perusahaan-perusahaan Norwegia dilaporkan telah menghindari pembatasan yang melarang penjualan senjata ke zona konflik melalui anak perusahaan asing.

Lisensi yang diterbitkan dari Denmark ke Israel bernilai lebih dari €1 juta, sedangkan penerbitan lisensi senilai €403.000 pada tahun 2022 merupakan penjualan terbesar yang pernah terjadi antara kedua negara. Negara ini menghadapi tuntutan hukum dari sekelompok organisasi non-pemerintah atas ekspor senjata ke Israel.

Baca Juga: Demo Warga Israel atas Netanyahu yang Makin Meluas

Lisensi Finlandia senilai €2,4 juta mencakup peralatan elektronik, baju besi, dan pemandangan senjata.

Lisensi Latvia sebesar €5,9 juta mencapai puncaknya pada €4,1 juta pada tahun 2022. Estonia dan Lituania memiliki ekspor minimal masing-masing sekitar €300.000, sebagian besar senjata kecil.

Spanyol belum melaporkan penjualan senjata apa pun ke Israel sejak 7 Oktober, tetapi data dari November 2023 menunjukkan transfer amunisi senilai €987.000. Antara tahun 2014 dan 2022, Spanyol mengeluarkan izin ekspor senilai €99 juta, termasuk untuk amunisi dan kendaraan militer.

Kroasia, Luksemburg, Malta, Siprus Selatan

Baca Juga: Damai di Palestina, Damai di Dunia

Lisensi Kroasia senilai €681.000 mencakup persenjataan dan amunisi. Lisensi ekspor antara Luksemburg dan Israel berjumlah sekitar €671.000, sedangkan nilai total lisensi ekspor Malta ke Israel melebihi €17,5 juta.

Lisensi Siprus Selatan bernilai €97.000, dengan dugaan dukungan untuk logistik militer Barat ke Israel.

Israel yang mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB yang menuntut gencatan senjata segera, telah menghadapi kecaman internasional di tengah serangan brutal yang terus berlanjut di Gaza sejak serangan kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober 2023.

Hampir 38.300 warga Palestina telah terbunuh, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan setidaknya 88.241 lainnya terluka, menurut otoritas kesehatan setempat.

Baca Juga: Mencegah Degradasi Moral Remaja Akibat Media Sosial

Sembilan bulan setelah perang Israel, sebagian besar wilayah Gaza hancur akibat blokade makanan, air bersih, dan obat-obatan yang melumpuhkan.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional (ICJ), yang keputusan terbarunya memerintahkan Israel untuk segera menghentikan operasi militernya di kota selatan Rafah, tempat lebih dari satu juta warga Palestina mencari perlindungan dari perang sebelum negara itu diserbu pada 6 Mei. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Memperkukuh Persahabatan dan Kerja Sama antara Indonesia dengan Negara-Negara Afrika

Rekomendasi untuk Anda

Amerika
Kolom
Eropa
Palestina
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia