NEGARA-NEGARA EROPA AJUKAN RUMUSAN BARU PBB DI GAZA

Foto;AFP
Foto;AFP

New York, 26 Syawwal 1435/22 Agustus 2014 (MINA) – Inggris, Perancis dan Jerman telah mengajukan rumusan baru ke untuk mengakhiri yang telah menewaskan tiga komandan Hamas.

Inisiatif dari negara-negara Eropa pada Kamis (21/8) muncul setelah pertempuran darat anatara Palestina-Israel dan usaha pembicaraan yang di mediasi oleh Mesir gagal, sebagaimana dilaporan Ma’an News Agency, yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Dalam dokumen diperoleh AFP, tiga negara tersebut mendesak agar dilakukan gencatan senjata agar tidak ada lagi penembakan roket dan operasi militer di Jalur Gaza.

Rumusan dari negara-negara tersebut diantaranya mengangkat blokade Israel, mekanisme pemantauan untuk melaporkan pelanggaran gencatan senjata dan memverifikasi arus barang ke Jalur Gaza.

Para diplomat mengatakan,rumusan tersebut bertujuan untuk mempercepat usaha tercapainya kesepakatan yang dirumuskan bersama dengan 15 anggota dewan keamanan setelah rumusan yang diajukan pihak Yordania tidak disetujui Amerika Serikat.

Rumusan itu digunakan sebagai pedoman untuk tercapainya gencatan senjata baru anatara Palestina dan Israel.

Sekertaris Jenderal PBB Ban Ki-Moon diminta untuk segera menandatangani rumusan tersebut untuk mempercepat adanya dimulainya perundingan perdamaian.(T/P008/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0