Netizen Seluruh Dunia Desak Israel Bebaskan Anak Palestina Ahmed Manasra

Ahmad Manasra baru berusia 13 tahun ketika dia ditangkap dan 14 tahun ketika dia dihukum. [Getty]

Ramallah, MINA – Penderitaan tahanan muncul kembali secara online saat tanggal pengadilannya semakin dekat, dengan ribuan pengguna media sosial di seluruh dunia berbagi kisahnya dan menuntut pembebasannya.

Manasra, sekarang berusia 20 tahun, ditangkap oleh pasukan Israel pada tahun 2015 ketika dia berusia 13 tahun, karena dicurigai terlibat dalam serangan penusukan yang dilakukan oleh sepupunya Hassan Khalid Manasra di Yerusalem Timur yang diduduki.

Pada saat penangkapannya, dia diserang oleh personel keamanan Israel, membuat tengkoraknya retak, The New Arab melaporkan.

Sepupunya dibunuh oleh pasukan Israel setelah serangan penikaman, tetapi Manasra dijatuhi hukuman pada tahun 2016, awalnya 12 tahun penjara.

Ini kemudian dikurangi menjadi 9,5 tahun dan denda lebih dari $ 47.000 yang keluarganya berjuang untuk memenuhinya.

Manasra menyangkal semua tuduhan bahwa dia mengambil bagian dalam serangan apa pun.

Ia menjadi terkenal ketika ia berteriak saat diinterogasi sampai putus asa, “Saya tidak ingat, saya tidak ingat, apakah saya sudah gila? Dapatkan dokter dan biarkan dia membuka tengkorak saya untuk menunjukkan bagaimana saya tidak ingat.”

Interogator kemudian menyuruhnya diam dan menyiksanya dengan gelang listrik selama berjam-jam.

Menjelang pengadilannya yang akan berlangsung pada hari Rabu (13/4), para aktivis dari seluruh dunia mengadvokasi pembebasan Manasra.

Kampanye berjudul #FreeAhmadManasra diluncurkan oleh Jaringan Kesehatan Mental Global Palestina bersama dengan para ahli hukum, aktivis hak-hak anak dan kelompok hak-hak tahanan untuk meningkatkan kesadaran atas kasus tragisnya.

“Ahmad Manasra dipenjara dalam kondisi yang tidak layak bagi seorang anak dan di sampingnya, kebenaran, keadilan, dan kemanusiaan, juga dirampas. Kami ingin membuktikan fakta bahwa Ahmad telah menjadi sasaran hukuman dan pelecehan terus-menerus, berbagai penyiksaan fisik, psikologis, dan sosial,” kata Jaringan Kesehatan Mental Global Palestina dalam sebuah pernyataan. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.