Nikah Unik, Ikrar Pancasila Jadi Mahar Pernikahan

(Foto: Rahmi/MINA)

Malioboro, MINA – Nikah unik yang diadakan oleh Forum Taaruf Indonesia (Fortais) dalam rangka ulang tahunnya ke-6, menjadi pusat perhatian dengan menjadikan ikrar Pancasila sebagai mahar ijab qabul.

“Jadi para peserta nikah bareng sebelum ijab qabul wajib membacakan lima sila dari Pancasila sampai benar (tidak ada kesalahan, -red), baru selesai itu dilaksanakan ijab qabul,” kata Ryan kepada Mi’raj News Agency (MINA) di sela acara di Malioboro, Yogyakarta, Selasa (26/9).

Ryan menjelaskan penyelenggaraan acara Nikah Bareng Pancasila Sakti bertujuan guna mewujudkan pasangan sakinah sejahtera membawa keberkahan untuk Indonesia sesuai dengan tata kehidupan dan penghidupan masyarakat ber-Pancasila yang dilandasi cinta Illahi dan NKRI.

Baca Juga:  Menlu RI Sampaikan Belasungkawa atas Meninggalnya Presiden Iran

Tidak hanya itu, keunikan nikah yang diikuti delapan calon pasang pengantin itu, ijab qabulnya dilaksanakan di atas mobil pemadam kebakaran (damkar).

“Iya, jadi para pengantin, wali, saksi dan penghulunya melaksanakan ijab qabul di atas mobil damkar,” ujar Ryan.

Acara yang mengambil tema Menyatukan Hati untuk Illahi dan NKRI itu memiliki rangkaian kegiatan dari Kirab Pancasila Sakti, Kenduri Ingkung Jawa. Pasang calon pengantin dari DIY menggunakan busana pengantin lengkap dari berbagai daerah sebagai simbol Bhineka Tunggal Ika. Prosesi ijab qobul ini dipimpin Kepala KUA Danurejan Kota Yogyakarta.

“Para manten ini sebelumnya dikursus manten terlebih dahulu dengan materi kebangsaan dan Pancasila selain manajemen rumah tangga, kesehatan dan agama,” jelasnya. (L/P3/R01)

Baca Juga:  UAR Sisir Sungai Selo Cari 11 Korban Banjir Bandang Sumbar

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: