Pangeran MBS Siap Bantu Restorasi Jakarta Islamic Center

Kondisi kubah Masjid Jakarta Islamic Center ( JIC)/ Instagram @jktinfo )

Bali, MINA – Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) mengumumkan Kerajaan Arab Saudi siap mensponsori perbaikan atau restorasi Jakarta Islamic Center (JIC) yang mengalami kerusakan akibat musibah kebakaran bulan lalu.

Seperti dikutip dari Saudi Press Agency, Kamis (17/11), bantuan tersebut menegaskan minat dan ketertarikannya pada Islamic Center di semua negara persaudaraan dan sahabat, karena mereka memiliki peran penting dalam pendidikan generasi muda serta penyebaran Islam yang toleran berdasarkan perdamaian, moderasi, dan dialog.

Jakarta Islamic Center memiliki area seluas 109.435 meter persegi, terdiri dari banyak fasilitas, termasuk masjid dengan luas 2.200 meter persegi yang menampung lebih dari 20.000 jamaah, pusat studi penelitian dan ruang konferensi.

Kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Center ambruk setelah terbakar pada Rabu, 19 Oktober 2022.

Peristiwa itu terjadi saat masjid dalam proses renovasi, sehingga tidak sedang digunakan untuk kegiatan ibadah.

Sementara itu, Kepala Sudin Gulkarmat Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu Rahmat Kristanto menyebutkan taksiran kerugian kebakaran Masjid Raya JIC mencapai kurang lebih Rp 1 miliar.

Masjid JIC mulai dibangun pada tanggal 1 Oktober 2001 dan pertama kali dipakai untuk salat Jumat pada tanggal 9 September 2002 dan diresmikan pada tanggal 4 Maret 2002. Masjid JIC selama dua dekade ini menjadi masjid kebanggaan masyarakat Jakarta. Aspek sejarahnya yang berdiri di eks lokasi lokalisasi Kramat Tunggak seluas 10,9 hektare menjadi fenomenal.

Ciri khas lainnya adalah bentang sebagai masjid dengan bentangan kubah tanpa tiang terpanjang se-Asia Tenggara yakni 66 meter. Saat ini area sekitar masjid sudah dipasangi garis polisi untuk pengamanan. (T/RE1/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.