Pasukan Irak Ambil Alih Perbatasan Kurdistan-Turki

Tentara Amerika Serikat latih tentara Irak. (Foto: Departemen Pertahanan AS)

 

Ibrahim Al Khalil, MINA – Pasukan pemerintah Irak pada hari Selasa (31/10) mengambil alih kendali penyeberangan perbatasan Ibrahim Al Khalil antara di wilayah Irak.

Langkah itu dilakukan setelah beberapa pekan ketegangan terjadi antara pemerintah pusat di Baghdad dan pemerintah otonomi Kurdistan di Erbil.

Perdana Menteri Turki Binali Yildirim menyatakan kepada partai penguasa di Ankara bahwa penyeberangan di perbatasan telah diserahkan kepada pemerintah pusat Irak.

Dia mengatakan, semua kontrol di perbatasan sekarang akan dilakukan oleh pejabat Irak dan Turki di masing-masing sisi.

Pasukan Irak dikerahkan di perbatasan Ibrahim Al Khalil bersama pasukan Turki. Kesempatan itu mereka mamfaatkan melakukan latihan gabungan selama beberapa pekan terakhir. Demikian Anadolu Agency memberitakan yang dikutip MINA.

Mereka harus menurunkan bendera Pemerintah Daerah Kurdi (KRG) dan menaikkan bendera nasional Irak.

Persimpangan perbatasan ditutup saat penyerahan dilakukan, membuat antrian kendaraan menjadi panjang. Tidak ada laporan tentang bentrokan apa pun.

Kebijakan Turki dan Irak itu adalah salah satu buntut dari referendum Kurdistan yang ditentang oleh Irak, Turki dan Iran. Kini wilayah Kurdistan diblokade darat dan udara oleh dunia internasional. (T/RI-1/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.