Korban ke 19 Warga Palestina Yang Meninggal

Ilustrasi: demonstran di melawan senjata api militer dengan lemparan batu, 9 Oktober 2015. (Foto: Adel Hana/AP)

, MINA – menembak mati warga Palestina  di perbatasan Gaza pada Selasa (3/4), sehingga jumlah korban sejak 30/3 sampai saat ini menjadi 19 orang,  demikian Kementerian Kesehatan di Jalur Gaza mengatakan.

Kementerian itu mengidentifikasi almarhum bernama Ahmed Arafa (25) yang ditembak di dada saat bentrokan di timur Bureij di Gaza tengah, demikian Al-Araby Al-Jadeed melaporkan.

Ketegangan tetap tinggi di perbatasan setelah 17 orang tewas oleh penembakan brutal pasukan Israel. Sementera satu meninggal pada Senin (2/4) setelah bertahan dalam luka kritis selama tiga hari.

Baca Juga:  Indonesia: Pemindahan Paksa Warga Palestina, Puncak Kejahatan Kemanusiaan

Ribuan warga Palestina masih memilih terus bertahan di perbatasan dengan Israel. Tembakan pasukan Israel yang melukai lebih 1.400 orang warga sipil pada Jumat (30/3) lalu, tidak menyurutkan mereka untuk menuntut haknya atas tanah yang dirampas oleh Israel sejak tahun 1948.

Meski jumlah pemrotes setelah hari Jumat lebih sedikit, tapi diperkirakan massa yang lebih banyak akan turun kembali pada Jumat mendatang.

Penggunaan peluru tajam oleh tentara Israel telah mendapat kecaman dari kelompok-kelompok hak asasi manusia. Pemimpin PBB dan Uni Eropa telah menyerukan diluncurkannya penyelidikan independen terhadap tentara Israel.

Namun sebelumnya pada Selasa (3/4), Menteri Pertahanan Israel Avigdor Lieberman mengeluarkan peringatan baru. Ia mengatakan bahwa mereka yang mendekati pagar antara Gaza dan Israel, akan menempatkan “hidup mereka dalam bahaya.” (T/RI-1/P1)

Baca Juga:  Isi Proposal Gencatan Senjata yang Disetujui Hamas

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.