Pasukan Israel Sengaja Targetkan Muslimah Palestina di Gaza

Seorang wanita Palestina terlantar duduk di samping tenda, di tengah serangan Israel sedang berlangsung di Jalur Gaza, di Rafah, di Jalur Gaza selatan, pada 8 April 2024 (Foto: Press TV)

, MINA – Pasukan pendudukan Israel dengan sengaja menargetkan perempuan dalam serangan genosida mereka di Jalur Gaza yang terkepung.

Pengumuman tersebut disampaikan Menteri Urusan Perempuan Palestina Mona al-Khalili dalam pernyataan pers pada Ahad (7/4)  di Ramallah.

Dia mencatat bahwa 9.560 perempuan Palestina telah dibunuh oleh pasukan rezim sejak dimulainya genosida Israel di Gaza pada 7 Oktober 2023, demikian Press Tv melaporkan.

“Perempuan di Jalur Gaza menderita kondisi paling berbahaya dan keras dalam beberapa dekade terakhir, sebagai akibat dari memburuknya kondisi kesehatan dan kehidupan, pengungsian, dan kurangnya tempat berlindung, selain kekurangan makanan dan air,” kata menteri tersebut.

Al-Khalili menyatakan, saat ini terdapat sekitar 15.000 wanita hamil di Jalur Gaza, “95 persen di antaranya tidak mengonsumsi makanan dalam jumlah yang cukup, sehingga meningkatkan risiko kesehatan bagi ibu dan janin.”

Dia menambahkan, ada sekitar satu juta perempuan yang terpaksa mengungsi dan menghadapi risiko lebih besar di pusat-pusat penampungan, karena kekurangan kebutuhan dasar.

Al-Khalili mengatakan sekitar 37 ibu terbunuh setiap hari di Gaza, meninggalkan keluarga dan anak-anak yang menjadi pengungsi.

Sebelumnya, dalam wawancara eksklusif dengan situs Press TV pada 26 Maret, Reem Alsalem, Pelapor Khusus PBB untuk terhadap perempuan dan anak perempuan, mengatakan, kekerasan yang dilakukan Israel terhadap perempuan dan anak-anak Palestina dapat dikualifikasikan sebagai genosida berdasarkan Pasal 2 Perjanjian Konvensi Genosida.

Ini adalah tindakan yang berkaitan dengan “pengenaan tindakan yang dimaksudkan mencegah kelahiran dalam suatu kelompok.”

Dia menambahkan bahwa Israel melakukan “kekerasan reproduksi” terhadap perempuan Palestina, bayi baru lahir, bayi, bayi dan anak-anak.

“Jadi selain kelaparan paksa, pembersihan etnis, penyiksaan, eksekusi, penahanan sewenang-wenang, pemboman tanpa pandang bulu, dan pemindahan paksa, mereka juga menjadi sasaran kekerasan reproduksi/obstetrik, kekerasan seksual dan dijadikan sasaran ibu-ibu Palestina,” tambahnya.

Alsalem mengatakan, perempuan Palestina telah dianiaya selama beberapa dekade “karena menjadi warga Palestina dan karena menjadi perempuan,” telah menderita “pelanggaran sistematis terhadap hak-hak individu dan kolektif mereka sebagai warga Palestina” dan “menjadi sasaran dengan cara sangat gender karena mereka adalah perempuan.”

Menurut laporan terperinci oleh Euro-Med Human Rights Monitor yang berbasis di Jenewa, tahanan perempuan Palestina di Gaza telah menjadi sasaran kekerasan seksual, penyiksaan, perlakuan tidak manusiawi, penggeledahan, dan pelecehan seksual. (T/R4/RI-1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.