Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

PBB: 80 Persen Keluarga di Gaza Kekurangan Air Bersih

Ali Farkhan Tsani - Rabu, 6 Maret 2024 - 06:19 WIB

Rabu, 6 Maret 2024 - 06:19 WIB

11 Views

New York, MINA – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)  mengatakan, Selasa (5/3), 80 persen keluarga di Jalur Gaza kekurangan air bersih.

Kondisi sanitasi di Gaza juga sangat sulit, di tengah tingginya tingkat pengungsian dan kepadatan tempat penampungan yang berlebihan, lanjut laporan PBB, seperti disebutkan Quds Press.

PBB menerima laporan dari mitra-mitra di bidang kemanusiaan, khususnya mereka yang bekerja di bidang air, sanitasi dan kebersihan di Gaza, yang menyebutkan, sekitar “340 orang terpaksa berbagi satu toilet di Jalur Gaza.”

“Rata-rata terdapat satu pancuran untuk sekitar 1.300 orang, sementara lebih dari 80 persen keluarga di Gaza tidak memiliki akses terhadap air yang aman dan bersih,” lanjut laporan.

Baca Juga: Sandera Israel di Gaza Jadi Target Serangan Tel Aviv

Di antara upaya mengatasi hal itu, Dana UNICEF menyediakan bahan bakar untuk mengoperasikan sumur air publik dan swasta serta pabrik desalinasi.

“Antara tanggal 15 hingga 28 Februari, air bersih untuk minum dan keperluan rumah tangga diberikan kepada lebih dari 1,3 juta orang melalui UNICEF yang menyediakan hampir 110.000 liter bahan bakar ke wilayah selatan Gaza yang dapat diakses, termasuk Deir Al-Balah, Khan Yunis, Rafah, dan wilayah tengah,” laporan UNICEF.

Dalam konteks terkait, Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) memperingatkan tentang “akan terjadi ledakan jumlah kematian anak-anak terkait dengan kekurangan gizi di Jalur Gaza.”

UNICEF mengatakan, “Tingkat kematian di bagian utara Jalur Gaza tiga kali lebih tinggi dibandingkan yang tercatat di bagian selatan.” (T/RS2/P2)

Baca Juga: Tentara Israel Hancurkan 25 km Jalan di Jenin

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Palestina
Internasional
Dunia Islam
Palestina
MINA Millenia
MINA Sport
MINA Health
Asia
Indonesia