PBB Berjanji Terus Dukung Pemulangan Pengungsi Rohingya Secara Sukarela dan Aman

Ilustrasi Kehidupan Pengungsi Rohingya (Foto: AA)

New York, pada hari Jumat (25/8) mengatakan akan terus mendukung upaya untuk menciptakan kondisi bagi pemulangan secara sukarela, aman, bermartabat, dan berkelanjutan.

Dalam sebuah pernyataan memperingati enam tahun eksodus Rohingya dari , Florencia Soto Nino, Juru Bicara Sekjen PBB, mengatakan: “Orang-orang Rohingya masih menjadi pengungsi di dalam dan luar negeri, termasuk sekitar 1 juta orang Rohingya di Bangladesh.” Aanadolu melaporkan.

“Kerentanan yang dihadapi oleh Myanmar, termasuk Rohingya, diperparah oleh konflik yang sedang berlangsung dan kehancuran yang disebabkan Topan Mocha. PBB akan terus mendukung upaya untuk menciptakan kondisi yang kondusif bagi masyarakat yang sukarela, aman, dan aman. pengembalian pengungsi Rohingya yang bermartabat dan berkelanjutan ke tempat asal mereka di Myanmar,” kata pernyataan itu.

Baca Juga:  Muslim Wajib Tahu, Asal Mula Nama Palestina

“Sekretaris Jenderal menyerukan kepada semua pemangku kepentingan untuk melipatgandakan upaya untuk menemukan solusi yang komprehensif, inklusif, dan tahan lama yang dapat mengatasi akar penyebab diskriminasi dan kekerasan sistemik di Myanmar dan untuk menanggapi krisis perlindungan dan kebutuhan kemanusiaan yang semakin meningkat sambil memperkuat upaya perlindungan pengungsi di wilayah ini, bagi mereka yang melarikan diri dari penganiayaan dan kekerasan,” tambahnya.

Mengingat bahwa Bangladesh telah menunjukkan komitmen kemanusiaan dan kemurahan hati yang harus diakui melalui “tanggung jawab bersama,” pernyataan itu mengatakan lebih banyak hal harus dilakukan untuk mendukung Rencana Respons Bersama dan mencegah krisis kemanusiaan yang lebih luas.

“Perserikatan Bangsa-Bangsa berkomitmen bekerja sama dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk tingkat regional, untuk membantu menyelesaikan krisis ini dan mengupayakan akuntabilitas dan keadilan bagi para korban menuju perdamaian berkelanjutan di Negara Bagian Rakhine dan seluruh Myanmar,” katanya.

Baca Juga:  Khutbah Jumat: Menghayati Makna Ibadah  

Rohingya digambarkan oleh PBB sebagai kelompok yang paling teraniaya di dunia dan menghadapi apa yang oleh kelompok hak asasi manusia disebut sebagai genosida.

Menurut Amnesty International, lebih dari 750.000 pengungsi Rohingya, sebagian besar perempuan dan anak-anak, meninggalkan Myanmar dan menyeberang ke Bangladesh setelah pasukan Myanmar melancarkan tindakan keras terhadap komunitas minoritas Muslim pada Agustus 2017, sehingga menambah jumlah orang yang dianiaya di Bangladesh menjadi lebih dari 1,2 juta orang.

Sejak 25 Agustus 2017, hampir 24.000 Muslim Rohingya telah dibunuh oleh pasukan negara Myanmar, menurut laporan Badan Pembangunan Internasional Ontario (OIDA).

Lebih dari 34.000 orang Rohingya juga dibakar, sementara lebih dari 114.000 lainnya dipukuli, kata laporan OIDA yang berjudul Migrasi Paksa Rohingya: Pengalaman Tak Terungkap.

Baca Juga:  MER-C Kecam Israel Terkait Temuan Kuburan Massal di Gaza

Sebanyak 18.000 perempuan dan anak perempuan Rohingya diperkosa oleh tentara dan polisi Myanmar dan lebih dari 115.000 rumah warga Rohingya dibakar, sementara 113.000 lainnya dirusak, tambah laporan itu. (T/R7/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.