PCBS: Hampir Setengah Jumlah Orang Palestina Hidup di Pengungsian

Pengungsi Palestina (istimewa)

Ramallah, MINA – Biro Statistik Pusat Palestina (PCBS) pada kesempatan Hari Pengungsi Internasional pada Kamis (20/6) mengatakan, hampir setengah dari jumlah orang Palestina di dunia berada di pengungsian.

Hal tersebut dilaporkan oleh Wafa, Jumat (21/6), berdasarkan catatan badan PBB untuk pengungsi Palestina (UNRWA) yang menunjukkan, jumlah pengungsi Palestina yang terdaftar pada tahun 2018 berjumlah sekitar enam juta dari jumlah seluruh orang Palestina di dunia yang sekitar 13 juta.

PCBS mengatakan, pengungsi Palestina tersebar di berbagai wilayah, termasuk di Tepi Barat yang terdaftar hingga 17 persen dari total pengungsi dan 25 persen di Jalur Gaza.

Sementara pada wilayah negara-negara Arab, persentase pengungsi Palestina yang terdaftar UNRWA di Yordania, berjumlah sekitar 39 persen, sementara di Lebanon dan Suriah mencapai sekitar sembilan persen dan 11 persen untuk masing-masing.

PCBS mencatat, tidak ada perbedaan yang signifikan antara karakteristik demografis dan sosial dari pengungsi dan non-pengungsi secara umum, kecuali untuk indikator kemiskinan dan pengangguran, karena alasan regional atau wilayah dengan sekitar dua pertiga dari populasi penduduk di Jalur Gaza adalah pengungsi.

Berdasarkan data Sensus Penduduk, Perumahan dan Pembangunan pada 2017, ada sekitar tujuh persen pengungsi Palestina menderita kemiskinan dan lima persen bagi non-pengungsi.

Alasan utama di balik tingginya persentase kemiskinan di kalangan pengungsi dibandingkan dengan non-pengungsi adalah karena tingkat pengangguran yang tinggi di Jalur Gaza, dengan para pengungsi mewakili dua pertiga dari populasinya, kata PCBS. (T/Sj/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)