Pelajar Suriah di Turki Peroleh Rapor Jangka Menengah

Pusat Pendidikan Sementara di Sakarya bagikan kartu laporan kepada 280 siswa (Foto: Anadolu Agency)

Ankara, MINA – Anak-anak sekolah pengungsi Suriah yang berlindung di Turki telah memperoleh kartu rapor jangka menengah pada hari Jumat (19/1), selama liburan musim dingin tahun ajaran 2017-2018.

Guru di provinsi Sakarya bagian utara Turki telah membagikan rapor tersebut kepada 280 siswa Suriah yang belajar di Pusat Pendidikan Sementara Karaman.

“Ini adalah istilah yang sukses di pusat pendidikan yang berfungsi sebagai jembatan antara sekolah-sekolah Suriah dan Turki,” kata Ali Ciydem, Kepala Pusat Pendidikan Sementara Karaman kepada Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj News Agency (MINA).

Dia juga mengatakan, dua puluh enam guru bahasa Suriah dan 8 orang Turki melayani di pusat pendidikan itu. Pusat pendidikan sementara di Turki memungkinkan anak-anak pengungsi Suriah melanjutkan pendidikan mereka.

“Mahasiswa Turki mengajarkan bahasa Turki untuk para siswa Suriah, sementara guru-guru Suriah mengajarkan bahasa mereka sendiri,” kata Ciydem. “Kami membantu mereka pindah ke sekolah-sekolah Turki dengan mengajar bahasa Turki di sini.”

November lalu, Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengumumkan bahwa ada 976.000 anak-anak di Suriah yang tinggal di Turki dan 620.000 di antaranya telah dapat melanjutkan pendidikan mereka.

Turki menampung lebih dari 3,2 juta orang Suriah, lebih banyak daripada negara lain di dunia. (T/R03/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.