Pemerintah Dorong Politeknik Kolaborasi dengan Industri

Madiun, MINA – Guna mewujudkan Program Revitalisasi Vokasi, pemerintah mendorong di Indonesia untuk lebih banyak berkolaborasi langsung dengan industri yang terdekat dengan politeknik tersebut.

Demikian diungkap Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi () saat kunjungan kerja ke (), Rabu (9/1).

“Di politeknik Indonesia baru ada dua yang sudah bekerjasama dengan industri dengan baik, satu adalah Politeknik Negeri Batam, yaitu (dengan) aircraft mantainance, mahasiswa kuliah di Batam sebagai pusat perbaikan pesawat terbang, dan Politeknik Negeri Madiun yang dalam hal ini bekerjasama dengan PT Industri Kereta Api (INKA),” ungkapnya.

Menristekdikti meyakini PNM akan mampu berkolaborasi baik dengan PT INKA untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil dan berdaya saing di bidang perkeretapaian.

“Ini kalau terwujud, bayangan saya adalah, inilah politeknik seperti yang ada di Jerman, Swiss, maupun negara-negara maju lainnya. Kalau ini berhasil, jadi embrio bagi politeknik lain,” harap Nasir.

Dalam rangka menjadikan Politeknik Negeri Madiun (PNM) sebagai politeknik spesialis perkeretaapian di Indonesia sekaligus mendukung inovasi pada PT INKA, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sedang merancang pengadaan laboratorium dan software untuk dihibahkan kepada PT INKA yang nantinya dapat digunakan juga oleh mahasiswa PNM.

“Kami akan alokasikan dalam kaitan revitalisasi vokasi untuk laboratotium. Laboratorium ini alat uji yang layak digunakan untuk kereta api, yang tahu PT INKA. Oleh karena itu untuk Politeknik (Negeri Madiun), kalau kita, ingin mengajukan lab bogie, lab propulsi. Ini akan jadi sangat penting untuk kita kembangkan,” ujar Nasir.

Nasir meminta PT INKA untuk menghitung jumlah anggaran yang diperlukan untuk pengadaan yang diperlukan dengan syarat PNM dapat menggunakan laboratorium dan software tersebut secara bersama (coworking) dengan dosen dan mahasiswa PNM.

Coworking ini penting sehingga ini laboratorium yang langsung digunakan mahasiswa bersama PT INKA. PT INKA yang tahu penggunaannya dan cara mengoperasikannya,” tutur Nasir.

Saat melakukan kunjungan ke PNM, Menteri Nasir memberikan kuliah umum bertema ‘Mendorong Pendidikan di Politeknik Untuk Mempersiapkan Lulusan Unggul Era Industri 4.0’. Menteri Nasir juga menerima pertanyaan dari mahasiswa dan dosen PNM terkait pengembangan pendidikan vokasi.

Setelah kuliah umum tersebut, Menteri Nasir bersama Direktur Politeknik Negeri Madiun (PNM); Muhammad Fajar Subkhan, Direktur Teknologi dan Komersial PT INKA (Persero); Agung Sedaju, dan Staf Ahli Menristekdikti Bidang Infrastruktur; Hari Purwanto menuju Ruang Lokomotif PT INKA di Madiun. Dalam ruangan tersebut, Agung Sedaju mempresentasikan rencana strelategis PT INKA dan potensi kolaborasi dengan Kemenristekdikti. (R/R09/R01)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.