Penerima Beasiswa BIDIKMISI pada 2017 Capai 339.348 Mahasiswa

Jakarta, MINA – Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi () telah menyalurkan kepada 339.348 mahasiswa di tahun 2017.

BIDIKMISI merupakan salah satu program peningkatan mutu peningkatan pendidikan tinggi dan perluasan akses pendidikan bagi calon mahasiswa kurang mampu.

“Program beasiswa BIDIKMISI tak hanya memberikan akses pendidikan kepada masyarakat miskin berprestasi, namun juga meningkatkan mutu pendidikan. Buktinya, sekitar 82,83 % mahasiswa penerima mencatat IPK lebih dari 3,00,” kata Mohamad Nasir pada acara temu media bertajuk “Bedah Kinerja 2017, Fokus Kinerja 2018”bersama Para Direktur Jenderal, Inspektur Jenderal dan Staf Ahli di lingkungan Kemenristekdikti di Jakarta, Kamis (4/1).

Nasir pun menargetkan penerima bidikmisi tahun 2018 bisa mencapai 100% lebih. Hasil capaian di tahun 2017 terealisasi 99,78% dari target capaian BIDIKMISI pada 2017 sebesar 340.083 mahasiswa.

BIDIKMISI adalah bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.

Sementara untuk perluasan akses pendidikan bagi calon mahasiswa di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) sebanyak 3.468 mahasiswa telah mendapat bantuan melalui program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik).

Menristekdikti juga berkomitmen untuk fokus pada program beasiswa ADik), ini di mana serapannya masih kecil yakni baru 31% mahasiswa yang mencatat IPK lebih dari 3,00.

Rekrutmen mahasiswa baru daerah 3T berasal dari 30 Kabupaten atau kota.

Acara temu media ini dihadiri para pemimpin redaksi, redaktur dan jurnalis dari berbagai media massa baik cetak maupun elektronik termasuk Kantor Berita MINA (Mi’raj News Agency), Pimpinan Komisi VII dan X DPR RI, Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) di bawah koordinasi Kemenristekdikti, Kepala Badan Amil dan Zakat Nasional, jajaran eselon II di lingkungan Kemenristekdikti, dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan tahunan ini juga dikemas bersamaan dengan pemberian Anugerah Jurnalis dan Media Kemenristekdikti 2017, sebagai bentuk apresiasi bagi jurnalis dan media yang turut mendesiminasikan program dan kebijakan Kemenristekdikti kepada para pemangku kepentingan. (L/R01/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.