Pengamat: Tahun 2023 Aksi Perlawanan Terhadap Israel Akan Meningkat

Aksi perlawanan rakyat Palestina terhadap pendudukan Israel diperkirakan meningkat di tahun 2023 (Foto: File/Mawteni48)

Yerusalem, MINA – Banyak pengamat dan analis memperkirakan tahun 2023 akan terjadi peningkatan signifikan aksi terhadap pendudukan Israel, baik jumlah maupun kualitas perlawanan. Hal itu diantaranya ditandai dengan maraknya aksi perlawanan kelompok bersenjata, terutama kelompok “Lions ‘Den” atau .

Pada semester kedua tahun lalu, kelompok Sarang Singa muncul di Nablus, dan kelompok bersenjata di Jenin, ketika mereka melakukan sejumlah operasi bersenjata terhadap sasaran Israel, membunuh dan melukai puluhan warga Israel.

Mengutip laporan Mawteni48, peneliti dan pengamat urusan Israel, Azzam Abu Adass, mengungkapkan, indikasi saat ini menunjukkan bahwa tahap selanjutnya akan menyaksikan eskalasi aksi perlawanan karena beberapa alasan, yang terutama adalah kegigihan dan ketabahan kelompok bersenjata di Tepi Barat meskipun ada serangan berturut-turut yang telah mereka alami.

Abu Adass menambahkan, kelompok Sarang Singa dan kelompok perlawanan di Jenin sekarang menghadapi kekuatan militer yang justru membuat mereka mendapatkan lebih banyak kekuatan, ketabahan, dan menjaga dasar-dasar bertahan hidup.

Dia menunjukkan, kekuatan Sarang Singa dan kelompok bersenjata di Jenin sekarang dapat menimbulkan kerugian di antara barisan pendudukan dan kawanan pemukim setelah mereka pindah dari tahap pertahanan diri selama penyerangan ke tahap penyerangan, seperti yang terjadi pada banyak operasi yang dilakukan, terutama di sekitar kota Nablus.

Abu Adass menjelaskan, tahap selanjutnya akan menyaksikan lompatan besar dalam operasi melawan pos pemeriksaan Israel dan kawanan pemukim, tetapi itu akan diimbangi dengan peningkatan kejahatan pendudukan dan pemukim terhadap warga sipil Palestina.

Sementara itu, penulis dan analis politik Amer Al-Masry mengatakan, beberapa faktor politik dan sosial yang terjadi di wilayah Palestina pada tahap terakhir akan menyebabkan eskalasi aksi perlawanan di Tepi Barat.

Al-Masri menambahkan, perubahan politik di kancah Israel, yang mengarah ke ekstremisme, akan menghasilkan pendekatan kriminal dan Yahudisasi terhadap kesucian Palestina, yang akan membawa tanggapan besar Palestina, terutama yang berkaitan dengan masalah-masalah sensitif, termasuk Yerusalem dan permukiman.

Ia mencontohkan, terhalangnya wacana proses penyelesaian yang pada hakekatnya terhenti, akan membuat masyarakat di Tepi Barat mencari cara lain untuk mengembalikan haknya, yaitu perlawanan dengan segala perangkatnya.

Pada gilirannya, penulis Yasser Manna mendukung pendahulunya mengenai eskalasi di tahun baru, dengan mengatakan: “Saya percaya bahwa kita sedang menghadapi keadaan eskalasi dalam operasi perlawanan, terutama karena pemerintah sayap kanan ekstrem Israel memiliki rencana yang jelas untuk melaksanakan proyek Yudaisasi dan kriminal di Tepi Barat dan Yerusalem yang diduduki.”

Manna percaya bahwa ancaman terhadap Otoritas Palestina dan kemungkinan membekukan pendapatan pajak akan memperburuk ketegangan di wilayah Palestina, dan dapat membalikkan keadaan.

Dia memperingatkan, Lions ‘Den dan kelompok pendukungnya di Tepi Barat akan memiliki peran penting dalam menimbulkan kerugian besar pada pendudukan Israel dan para pemukimnya mengingat realitas kompleks di Tepi Barat yang diduduki.

Dia juga menunjukkan, bahwa yang membedakan kelompok-kelompok ini adalah bahwa mereka mendapatkan dukungan rakyat, dan ini menjamin kelanggengan dan kesinambungan mereka, sehingga serangan Israel tidak akan mampu mengakhiri kelompok-kelompok ini. (T/B04/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.