MER-C Sampaikan Surat Terbuka kepada Presiden RI “Selamatkan RS Indonesia dan Jalur Gaza”

Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza, Palestina.(Foto: Istimewa)

Jakarta, MINA – Lembaga kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committee () menyampaikan surat terbuka kepada Presiden Republik (RI) Joko Widodo mendesak pemerintah Indonesia untuk menyelamatkan Rumah Sakit Indonesia di Jalur yang tak luput menjadi sasaran kebrutalan militer Israel.

“Untuk itu, sebagai perwakilan rakyat Indonesia, atas nama bangsa Indonesia, bangsa yang memiliki aset Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza, kami berharap Bapak Presiden dengan segala kemampuan dan kapabilitas yang dimiliki untuk dapat melakukan perubahan dan menyelamatkan di Jalur Gaza,” demikian pernyataan dalam Surat Terbuka MER-C Kepada yang ditandatangani Dr. Sarbini Abdul Murad, Ketua Presidium MER-C Indonesia pada Sabtu (11/11).

Sarbini mengungkapkan, RS Indonesia yang berada di Gaza bagian utara kini mencoba tetap bertahan dan beroperasional di tengah kegelapan dan keterbatasan obat-obatan, karena ini adalah satu-satunya tumpuan harapan masyarakat Gaza Utara untuk berlindung dan mendapatkan akses pengobatan.

“Akankah dunia dan kita bangsa Indonesia terus berdiam diri melihat hal ini? Kami berharap, pada kesempatan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, Bapak dapat menyampaikan hal ini, memberikan tekanan kepada dunia, khususnya kepada Amerika Serikat agar segera mengadakan gencatan senjata di Jalur Gaza dan menyelamatkan Rumah Sakit Indonesia dari serangan Israel,” tegasnya.

Berikut selengkapnya isi Surat Terbuka MER-C kepada Presiden RI:

SURAT TERBUKA MER-C KEPADA PRESIDEN RI “SELAMATKAN RS INDONESIA DAN JALUR GAZA”

Kepada yang terhormat,
Bapak Ir. H. Joko Widodo
Presiden Republik Indonesia

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Salam sejahtera bagi kita semua

Hari ini 36 hari sudah dunia menyaksikan agresi membabi buta, pembunuhan dan pembantaian massal terhadap rakyat sipil di Jalur Gaza, yang sebagian besar adalah wanita dan anak-anak. Pemukiman warga, bahkan tempat ibadah baik masjid maupun gereja, sekolah, lokasi-lokasi pengungsian, serta berbagai fasilitas umum lainnya, bahkan seluruh rumah sakit di Jalur Gaza tak luput menjadi sasaran kebrutalan militer Israel.

Belasan ribu jiwa meninggal, puluhan ribu lainnya mengalami luka-luka tanpa bisa mendapatkan penanganan yang layak akibat habisnya obat-obatan, padamnya aliran listrik di rumah sakit karena kehabisan bahan bakar serta sederet situasi menyedihkan lainnya.

Warga Gaza kini hidup tanpa harapan, tanpa makanan, air, listrik, bahan bakar di tengah gempuran serangan udara dan darat Israel yang semakin gencar, tanpa mengindahkan kemanusiaan dan hukum-hukum internasional.

Rumah Sakit Indonesia, asset bangsa Indonesia yang berada di Gaza bagian Utara yang dibangun dari dana rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, yang pembangunannya dikerjakan oleh tangan anak-anak bangsa tak luput menjadi sasaran. Berbagai fitnah dan framing disebarkan Israel untuk melegitimasi serangan terhadap RS Indonesia.

Sebagai informasi bagi Bapak, saat initiga relawan MER-C, WNI, masih berada di Jalur Gaza, di RS Indonesia untuk menyalurkan bantuan amanah dari rakyat Indonesia untuk warga di Jalur Gaza.

RS Indonesia kini mencoba tetap bertahan dan beroperasional di tengah kegelapan dan keterbatasan obat-obatan, karena ini adalah satu-satunya tumpuan harapan masyarakat Gaza Utara untuk berlindung dan mendapatkan akses pengobatan.

Akankah dunia dan kita bangsa Indonesia terus berdiam diri melihat hal ini ?

Untuk itu, sebagai perwakilan rakyat Indonesia, atas nama bangsa Indonesia, bangsa yang memiliki asset Rumah Sakit Indonesia di Jalur Gaza, kami berharap Bapak Presiden dengan segala kemampuan dan kapabilitas yang dimiliki untuk dapat melakukan perubahan dan menyelamatkan RS Indonesia di Jalur Gaza.

Kami berharap, pada kesempatan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, Bapak dapat menyampaikan hal ini, memberikan tekanan kepada dunia, khususnya kepada Amerika Serikat agar segera mengadakan gencatan senjata di Jalur Gaza dan menyelamatkan Rumah Sakit Indonesia dari serangan Israel.

Demikian surat terbuka ini kami sampaikan untuk menjadi perhatian khusus Bapak Presiden.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Jakarta, 11 November 2023

Hormat kami,
Atas nama rakyat Indonesia

Dr. Sarbini Abdul Murad

Ketua Presidium MER-C Indonesia

(AK/R1/P2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rana Setiawan

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.