Pengunduran Diri Kepala Polisi Tel Aviv Picu Protes dan Bentrokan di Israel

Warga Israel lakukan aksi protes setelah pengunduran diri Kepala Polisi Tel Aviv Ami Eshed. (Foto: Anadolu)

Tel Aviv, MINA – Pengunduran diri kepala polisi Tel Aviv baru-baru ini memicu protes dan bentrokan yang meluas di seluruh negeri khususnya di Tel Aviv.

Mengumumkan pengunduran dirinya pada konferensi pers, Ami Eshed, mengutip tekanan dari sayap kanan Menteri Keamanan Nasional Itamar Ben-Gvir, mengatakan dia gagal memenuhi harapan kementerian karena dia tidak menantang aturan, protokol, struktur organisasi dan budaya. Demikian dikutii dari Anadolu, Sabtu (8/7).

“Saya membayar harga yang mahal untuk mencegah perang saudara,” ujarnya.

Eshed sebelumnya telah diberhentikan karena intervensi lunaknya selama protes berbulan-bulan di Tel Aviv menentang pengaturan peradilan kontroversial pemerintah, namun kemudian dipulihkan oleh Ben-Gvir.

Eshed mengakui mereka memiliki opsi untuk membuka paksa Jalan Raya Ayalon, arteri utama Tel Aviv yang diblokir oleh pengunjuk rasa, namun dia memilih untuk tidak mengambil tindakan itu.

Baca Juga:  Menlu Retno Bahas Persiapan Evakuasi WNI di Timur Tengah

Tak lama setelah pengumuman pengunduran diri Eshed, ribuan orang membanjiri jalanan Tel Aviv sebagai protes. Demonstran membarikade Jalan Raya Ayalon di kedua arah selama berjam-jam, menggunakan bendera dan menyalakan api serta kembang api di jalan.

turun tangan menggunakan meriam air.

Dalam satu kasus, konfrontasi meletus antara seorang pengemudi yang berusaha melewati para pengunjuk rasa setelah terjebak kemacetan. Polisi dilaporkan menahan pengemudi tersebut.

di Yerusalem Barat berpusat di sekitar Lapangan , yang terletak di dekat kediaman Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Menurut laporan dari media Israel, kelompok protes anti-pemerintah bergerak di sekitar 30 lokasi di seluruh negeri. Sedikitnya 25 orang telah ditahan oleh polisi, termasuk 15 orang di Tel Aviv. (T/R7/P1)

Baca Juga:  Perspektif Islam Terhadap Maraknya Tindak Kekerasan

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sri astuti

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.