Perkumpulan AQL Gelar Upacara Bendera HUT RI ke-78

Jonggol, MINA – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78, Perkumpulan AQL sebelumnya dikenal Ar Rahman Quranic Learning (AQL) Islamic Center menggelar kegiatan peringatan ini yang menjadi agenda tahunan identitas Perkumpulan AQL, di Jonggol, Jawa Barat, Kamis (17/8).

Pendiri Perkumpulan AQL, Ustaz Bachtiar Nasir, mengatakan bahwa tradisi memperingati HUT RI merupakan kewajiban dan wujud syukur kepada Allah atas nikmat kemerdekaan yang diberikan kepada bangsa Indonesia.

“Semangat peringatan ini juga adalah sebagai penghormatan tak terhingga kepada para pahlawan yang telah berjuang dan berkorban demi meraih kemerdekaan,” kata UBN.

Menurutnya, semangat patriotisme para pahlawan Indonesia erat kaitannya dengan nilai-nilai Al-Qur’an. Al-Qur’an telah memberikan pondasi cinta tanah air dan semangat pengorbanan yang tinggi.

Baca Juga:  [POPULER MINA] Israel Kalah, Kurban, dan Beasiswa Timur Tengah

Oleh karena itu, momen peringatan HUT RI dianggap tepat untuk menanamkan semangat kepahlawanan dan nilai-nilai Al-Qur’an.

Tema yang diangkat pada peringatan HUT RI tahun ini adalah “Tadabbur Quran: Memandu Indonesia Maju”.

Dalam konteks ini, Ia menjelaskan bahwa jika nilai-nilai Al-Qur’an dijadikan landasan berpikir dan bertindak oleh umat Islam Indonesia, maka cita-cita kemajuan dan keadilan sosial bagi rakyat Indonesia dapat tercapai dengan izin Allah.

“Dalam semangat ini, kami memiliki tekad untuk memajukan Indonesia melalui tadabbur Al-Quran. Ini tidak hanya sebatas ilmu, tetapi juga implementasi dan manfaatnya bagi masyarakat. Hari ini, kita merayakan kemerdekaan dengan komitmen nyata untuk bergerak demi kemajuan Indonesia. Kita tidak boleh berdiam diri; kemerdekaan ini adalah panggilan untuk selalu bergerak bersama,” ungkap UBN.

Baca Juga:  Prof Saiful Akmal Pakai “Kafiyeh” Palestina Saat Orasi Ilmiah di Ar-Raniry

Perkumpulan AQL berupaya memperkukuh semangat Bhinneka Tunggal Ika dan berkontribusi pada kemajuan Indonesia.

UBN juga menyoroti bahwa Indonesia adalah hasil perjuangan berbagai kesultanan yang telah bersatu demi kemerdekaan. Klaim sepihak tidak hanya mereduksi sejarah, tetapi juga mengecilkan semangat keragaman yang menjadi kekuatan Indonesia.

Rangkaian kegiatan peringatan HUT RI termasuk upacara bendera yang diselenggarakan di Pesantren AQLIS Jonggol, Jawa Barat. Upacara bendera ini diikuti oleh jemaah dari berbagai wilayah Indonesia dan luar negeri melalui media sosial Perkumpulan AQL.

Dengan semangat kepahlawanan, pengajaran Al-Quran, dan komitmen untuk kemajuan, Perkumpulan AQL terus menjadi inspirasi dalam memandu Indonesia menuju masa depan yang lebih baik.

Baca Juga:  Menlu RI: Ada Upaya Sistematis Hambat Bantuan Kemanusiaan ke Gaza

Selain upacara bendera, peringatan HUT RI ke-78 diisi dengan berbagai kegiatan. Seperti khatam Al-Quran, lomba memerankan ulama Nusantara, lomba tahfiz Alquran, lomba tadabbur Al-Quran, lomba menulis Al-Quran, lomba menulis untuk masyarakat umum, dan lomba lainnya. (R/R4/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: kurnia

Editor: Ali Farkhan Tsani