Peserta Pawai Bendera Israel Bernyanyi Rasis dan Serang Warga Palestina

Peserta Pawai Bendera Israel mengeroyok warga Palestina di Kota Tua Al-Quds Yerusalem Timur, Kamis, 18 Mei 2023. (Foto: Ir Amim)

Al-Quds, MINA – Ribuan orang Israel mengambil bagian dalam Pawai Bendera di Al-Quds Yerusalem Timur pada Kamis (19/5/2023).

Acara tahunan yang sangat kontroversial itu menampilkan nyanyian rasis “matilah orang Arab” dan menyerang penduduk .

Tindakan buruk itu terjadi ketika peserta berjalan melalui Kawasan Muslim Kota Tua, The Times of Israel melaporkan.

Namun, rapat umum tersebut berhasil diselesaikan tanpa insiden besar. Berbeda pada dua tahun lalu, Hamas menembakkan rentetan roket ke Yerusalem bertepatan dengan pawai, yang menyebabkan perang 11 hari antara Israel dan .

Parade tahunan ke Tembok Barat dimaksudkan untuk menandai reunifikasi Israel atas Yerusalem Timur dan Barat selama Perang Enam Hari 1967, tetapi menjadi terkenal karena sering dirusak oleh ujaran kebencian dan kekerasan oleh peserta Yahudi sayap kanan terhadap warga Palestina dan properti mereka.

Baca Juga:  Cuaca Panas, Pastikan Kebutuhan Cairan Tubuh Terpenuhi

Aspek khusus dari Pawai Bendera adalah rutenya melalui Gerbang Damaskus dan Kawasan Muslim, yang banyak digunakan oleh warga Palestina. Kritikus mengatakan, demonstrasi itu dirancang untuk memprovokasi warga Palestina, yang dipaksa oleh Polisi Israel menutup toko mereka untuk mengizinkan demonstrasi.

Sebelumnya, pemerintahan AS mendesak Israel untuk mengubah rute pawai menjauh dari Muslim Quarter. Namun, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menolaknya, mengikuti langkah pendahulunya. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.