Pimpinan Perguruan Tinggi Islam Bantu Warga Jayapura Terdampak Covid-19

Foto: Kemenag RI

Jayapura, MINA – Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKIN) menggelar silaturahim dan bakti sosial di komplek warga Papua di Musholla Firdaus Asso, Angkasa, Jayapura, Ahad (27/12).

Bakti sosial dilakukan disela-sela kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Forum Pimpinan PTKIN di IAIN Fattahul Muluk Papua yang berlangsung sejak 27 hingga 30 Desember 2020, demikian dikutip dari keterangan pers Kementerian Agama RI.

Ketua Forum Pimpinan PTKIN Babun Suharto mengatakan, kehadiran para pimpinan forum PTKIN untuk membantu meringankan beban hidup dengan memberikan bantuan, utamanya yang terdampak secara sosial penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dikatakan Babun, forum pimpinan PTKIN sebagai lembaga pemerintah juga bertanggung jawab dengan kondisi sosial yang dialami masyarakat. Karena itu, pihaknya mengaku terpanggil untuk membantu masyarakat yang merasakan dampak sosial dari Covid-19.

“Ini merupakan bentuk kepekaan sosial kami sebagai instansi pemerintah yang juga ikut bertanggung jawab, setidaknya meringankan beban masyarakat akibat pandemi virus corona ini. Semoga solidaritas sosial ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” terang Babun.

Menurutnya, perguruan tinggi harus peduli terhadap pemberdayaan masyarakat. Saat situasi seperti ini, peran dan kontribusi perguruan tinggi sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

“PTKIN bukan perguruan tinggi yang berada di atas menara gading. Karena itu, kami bersama-sama dengan para Rektor dan Ketua STAIN melakukan silaturrahim dan gerakan solidaritas kepedulian kepada sesama,” ujar Babun yang juga Rektor IAIN Jember.

Bakti sosial seperti itu juga diharapkan dapat dilanjutkan oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi yang mengirimkan para mahasiswanya untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Papua. Menurut Babun, beberapa perguruan tinggi setiap tahun mengirimkan mahasiswa untuk melaksanakan KKN di Papua.

“Semoga komplek ini ke depan dapat menjadi warga binaan dan menjadi mitra dari kegiatan KKN Lintas Nusantara yang diikuti oleh beberapa PTKIN dengan tuan rumah IAIN Fattahul Muluk, Papua,” harap Babun. (R/R5/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)