PKK Jadikan Masjid Sebagai Benteng dan Nodai Al-Quran Saat Pertempuran

Ankara, 15 Sya’ban 1437/23 Mei 2016 (MINA) – Di provinsi Sirnak, tenggara Turki, kelompok bersenjata telah menjadikan sebuah sebagai tempat bertahan dan melecehkan salinan Al-Quran yang ada di masjid.

Tim berita Anadolu Agency menyaksikan Masjid Geylani di pusat Sirnak baru-baru ini ditemukan dalam kondisi hancur dengan lubang peluru di dinding-dindingnya, Banyak lembar salinan Al-Quran ditemukan robek, terbakar dan tersebar di mana-mana.

Sumber keamanan dalam status anonim mengatakan, masjid menjadi hancur setelah digunakan oleh PKK sebagai penampungan selama satu bulan.

Menurut rekaman Anadolu Agency yang disiarkan Ahad (22/5) dan dikutip oleh Mi’raj Islamic News Agency (MINA), tentara terlihat hati-hati mengambil lembaran Al-Quran dari lantai dan menempatkannya di rak-rak yang tinggi.

Sumber mengatakan, milisi PKK meledakkan bom rakitan di pintu masuk masjid untuk menghentikan kemajuan pasukan keamanan Turki. Ledakan itu merusak parah tempat ibadah tersebut.

Sumber menambahkan, PKK juga menembaki pasukan keamanan dari jendela masjid.

Operasi anti-teror diluncurkan 14 Maret lalu yang bertujuan untuk membersihkan kota dari milisi dan untuk menjamin keamanan masyarakat.

Sejauh ini, sebanyak 408 milisi PKK telah dilumpuhkan oleh pasukan keamanan di provinsi itu.

Sumber menambahkan, pasukan keamanan juga menyita 1.122 bahan peledak  selama 90 hari terakhir. (T/P001/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.