Polisi Prancis Bunuh Remaja, Potret Ketidakadilan

Karangan bungan untuk Nahel M, remaja bardarah Al Jazair yang ditembak mati oleh polisi Prancis. (Foto: dok. AA)

Oleh: Nur Asena Erturk di Ankara

Kemarahan atas penembakan polisi yang fatal terhadap seorang bocah lelaki Aljazair berusia 17 tahun di Nanterre, pinggiran Paris pada 27 Juni dapat dijelaskan, meskipun kekerasan yang terjadi tidak dapat dibenarkan.

Penduduk Nanterre berbicara kepada Anadolu tentang sikap mereka terhadap protes yang melanda negara itu sejak pekan lalu.

27 Juni

Para pemuda turun ke jalan setelah polisi membunuh Nahel M di pinggiran kota Paris.

Sekitar pukul 7.30 malam waktu setempat (1730GMT), seorang koresponden Anadolu mencapai Nanterre untuk mengamati situasi.

Seorang pemuda mengendarai skuter bertanya apakah dia seorang jurnalis. Pemuda itu menawarkan untuk membawanya ke kawasan yang bergolak.

“Ini, lihat sendiri masalahnya,” kata pemuda itu.

“Buat kesimpulan Anda sendiri tentang apa yang terjadi di sini,” tambahnya. Dia mengkritik media lokal karena melakukan propaganda.

Segera setelah koresponden Anadolu mulai merekam adegan itu, seorang petugas polisi membidik wajahnya dan berteriak kepadanya untuk mundur.

Dalam situasi kacau itu, Anadolu mencoba mewawancarai pengunjuk rasa, yang sebagian besar tidak setuju untuk difilmkan.

Kerusuhan melanda kota-kota setelah polisi Prancis menembak mati remaja Al Jazair di pinggiran kota Paris, Selasa, 27 Juni 2023. (Gambar: SS Sky News)

Mengkritik pidato rasis, media bias

Para pengunjuk rasa yang diwawancarai mengkritik kebrutalan polisi dan media arus utama, serta sistem politik dan peradilan di Prancis atas pidato xenofobia terhadap anak muda “kelas menengah”, yang merupakan cara lain untuk menyebut “keturunan Afrika Utara atau Afrika Sub-Sahara.”

M, seorang pria berusia 60-an yang memilih untuk tidak menyebutkan nama lengkapnya, menyesali pembunuhan bocah lelaki berusia 17 tahun itu yang menurutnya “seperti binatang”.

“Dulu kami dikabari cerita, kami selalu ragu dengan penangkapan. Kali ini, kami melihat jelas bahwa pernyataan polisi itu tidak benar,” kata M. “Tanpa rekaman, kami diberi tahu bahwa polisi melakukan tugasnya.”

Dia mengkritik polisi karena menggunakan kekerasan.

“Hal ini menyebabkan tragedi meskipun petugas polisi tidak dalam bahaya,” lanjut M. Dia menambahkan bahwa orang-orang dari generasinya sangat menyadari situasi ini.

“Empat puluh tahun yang lalu, orang mulai berbaris dari Lyon melintasi Prancis, untuk mengecam semua ini,” kenangnya. “Mereka melakukan mogok makan melawan kekerasan polisi. Sekarang, 40 tahun kemudian, tampaknya keadaan tidak berubah.”

M juga menyesalkan cara menangani pelanggaran di lingkungan kaya dibandingkan dengan daerah kelas menengah.

“Ada masalah sosial juga,” tambahnya. “Orang-orang menjadi miskin, ada kesengsaraan, orang-orang hidup dalam kondisi yang lebih buruk. Biaya hidup telah meningkat dan pemerintah berpikir bahwa ini tidak mempengaruhi lingkungan sekitar.”

M dalam konteks ini menyalahkan peningkatan pengangguran dan keluarga orangtua tunggal.

“Orang-orang berjuang untuk menemukan akomodasi dan pekerjaan,” katanya.

Namun, warga Nanterre tidak menyetujui tindakan kekerasan, termasuk membakar sekolah, cabang bank, dan toko. (AT/RI-1/P2)

Sumber: Anadolu

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.