Polri – Polisi Australia Kerja Sama Berantas Kejahatan Transnasional

Foto: Kemlu RI

Perth, MINA – Kepala Kepolisian RI (Kapolri) Jenderal Polisi Tito Karnavian dan Kepala Kepolisian Federal Andrew Covin memimpin bersama Pertemuan Bilateral Pejabat Tinggi Kepolisian Indonesia dan Australia yang dilaksanakan di Perth, Australia.

Pertemuan difokuskan kepada pembahasan mengenai upaya bersama kedua Negara dalam mencegah dan memberantas kejahatan . Demikian keterangan pers Kemlu RI yang diterima MNA, Selasa (10/4).

Tito dalam sambutannya mengajak Kepolisian Australia untuk meningkatkan kerja sama bilateral di bidang pemberantasan kejahatan transnasional. “Komunikasi yang intensif dan berkesinambungan di antara Kepolisian RI dan Polisi Federal Australia dapat memungkinkan kita mengevaluasi perkembangan kerja sama memberantas kejahatan tansnasional yang ada,” ujarnya.

Tito menyampaikan beberapa kejahatan transnasional yang memerlukan kerja sama yang erat antara lain kejahatan korupsi, eksploitasi seksual anak, terorisme, kejahatan dunia maya dan penyelundupan orang serta kejahatan terorganisir lainnya.

Terkait terorisme, Tito menyampaikan terorisme merupakan musuh besar mengingat dampaknya bagi keamanan dan kesejahteraan negara. Ditegaskan bahwa terorisme merupakan bahaya laten yang dapat timbul kapanpun dan dimanapun terlebih didukung kemajuan teknologi dan media sosial.

“Diperlukan langkah-langkah yang nyata dalam memberantas berbagai kejahatan transnasional” kata Tito.

Khusus Indonesia tantangan dan ancaman lain yang dihadapi terkait peningkatan faham radikalisme.

“Harapan saya pertemuan seperti ini tidak hanya sekedar pertukaran informasi tapi betul-betul ada kesepakatan untuk mengimplementasikan dan memperkuat kerja sama yang ada” tambah Tito.(R/R04/P1)

Mi’raj News Agency (MINA) 

Wartawan: Nidiya Fitriyah

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.