PRAKTISI PENDIDIKAN: SOSIODRAMA BERI PENGARUH LEBIH BAIK

seminar stai
Seminar Sehari “Kemandirian Membangun Peserta Didik Melalui Metode Pembelajartan Drama” di Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Fatah Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Jumat (15/5).

Bogor, 26 Rajab 1436/15 Mei 2015 ( MINA ) – Praktisi Pendidikan ,M.Pd., mengatakan penggunaan metode sosiodrama dalam pendidikan, ternyata memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap anak didik.

Dini Amalia mengatakan hal itu pada Seminar Sehari “Kemandirian Membangun Peserta Didik Melalui Metode Pembelajartan Drama” di Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al-Fatah Cileungsi, Bogor, Jawa Barat, Jumat (15/5).

“Metode sosiodrama merupakan cara yang tepat, karena mampu memberikan pengaruh yang lebih baik dan lebih efektif dalam memberi didikan kepada siswa,” ujar dosen Universitas Indraprasta PGRI (Unindra) Jakarta itu.

Menurutnya, inti dalam belajar adalah memberikan pengaruh agar dapat memberi perubahan perilaku dan tingkah laku anak didik dari berbagai pengalaman, bukan teori yang sekedar di ajarkan.

“Melalui drama diharapkan bisa memberikan sebuah pesan singkat”, tambahnya.

seminar 5Dini menambahkan, Guru yang baik adalah ketika dia bisa memanfaatkan apa yang ada di sekelilingnya, memanfaatkan semua kondisi dalam ruang tersebut, dan yang paling penting lagi adalah kemampuan guru untuk memberikn inspirasi.

“Guru juga perlu memiliki jiwa kepemimpinan agar apa yang diberikan memberikan dampak pada paserta didiknya,” imbuhnya.

Sementara dalam sambutannya, Wahyudi KS,MHI. mengharapkan, pihak Kampus STAI dan peserta diharapkan dapat mengembangkan pembelajaran metode drama ini, namun harus tetap menjaga hijab muslimin dan muslimat.

Kegiatan seminar diikuti peserta dari kalangan dosen, guru, dan mahasiswa. (L/nza/P4).

Mi’raj Islamic News Agency ( MINA)

Wartawan: Admin

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0