Presiden Kuba: Melepas Dolar AS Akan Bebaskan Dunia dari Hegemoni Washington

Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel diwawancara oleh RT, Kamis, 1 Juni 2023. (Gambar: Press TV)

Havana, MINA – Miguel Diaz-Canel mengatakan, melepaskan akan membebaskan dunia berkembang dari hegemoni Washington.

Status dolar sebagai mata uang cadangan dunia memungkinkan Amerika Serikat untuk mengejar “kebijakan hegemonistik agresif untuk membangun tembok, memberlakukan sanksi hukuman, pemerasan, agresi, dan fitnah,” kata Diaz-Canel kepada RT dalam wawancara eksklusif yang disiarkan pada Kamis (1/6), Press TV melaporkan.

Presiden mengatakan, blok BRICS dari negara berkembang “memberikan alternatif cemerlang untuk integrasi ekonomi, terutama untuk negara berkembang.”

Brasil, , , dan Cina awalnya membentuk BRIC pada tahun 2009, dan Afrika Selatan bergabung pada tahun 2010. Negara-negara BRICS mewakili sekitar 40% dari populasi global, terhitung sekitar 25% dari ekonomi global.

Baca Juga:  Bangladesh, Gambia Harap Penyelesaian Cepat Kasus Genosida Rohingya di Myanmar

Di tengah seruan untuk mata uang bersama BRICS untuk menyelesaikan tagihan perdagangan, anggota grup mulai melakukan lebih banyak perdagangan bilateral dalam mata uang mereka sendiri, menghindari dolar AS.

“Pada saat-saat seperti inilah kami mendapat teman-teman dari negara lain yang mendukung kami dengan tindakan nyata dan dalam kondisi yang tidak membahayakan kemerdekaan kami,” kata presiden Kuba itu.

Sejak pertama kali diciptakan pada tahun 2001, BRICS telah berkembang dari akronim untuk lima negara berkembang menjadi aliansi informal yang telah mengungguli blok G7 yang dipimpin AS dalam hal PDB global, memiliki bank pembangunan sendiri, dan , Arab Saudi, dan Argentina di antara 19 calon anggota.

Baca Juga:  Laporan UHRP: Satu dari 26 Warga Uighur Dipenjara di Tiongkok

Meskipun Kuba bukan anggota BRICS, negara pulau itu telah menjadi mitra dekat Rusia sejak zaman Uni Soviet. Perdagangan antara Moskow dan Havana meningkat tiga kali lipat tahun lalu menjadi $452 juta.

Di tempat lain dalam sambutannya, Presiden Kuba mengatakan, Rusia dapat memainkan peran utama dalam mengecilkan peran dolar di perdagangan internasional.

“Saya yakin kita perlu mengakui peran utama Rusia dalam membentuk dunia multipolar ini,” kata presiden Kuba itu. “De-dolarisasi,” katanya, akan mengarah pada “perdagangan yang lebih inklusif dan saling menguntungkan” bagi mereka yang menolak “kebohongan dan janji kosong” Washington. (T/RI-1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.