Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Presiden Moon: Korut Sepakat akan Tutup Situs Uji Coba Rudal

Nidiya Fitriyah - Rabu, 19 September 2018 - 20:32 WIB

Rabu, 19 September 2018 - 20:32 WIB

3 Views ㅤ

Pyongyang, MINA – Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-In mengatakan, Presiden Korea Utara (Korut) Kim Jong Un telah sepakat akan menutup salah satu tempat pengujian rudal utama negaranya.

“Kedua pemimpin sepakat untuk mencapai denuklirisasi,” ujar Moon Jae-In setelah keduanya bertemu di Pyongyang, Rabu (19/9), demikian BBC News memberitakan.

Moon menjelaskan, Kim telah setuju secara permanen untuk menutup situs uji rudal Tongchang-ri dan fasilitas peluncuran rudal.

“Dan yang terpenting adalah penutupan ini akan dilakukan dihadapan para ahli negara-negara yang relevan,” katanya.

Baca Juga: Anggota Parlemen AS Desak Biden Izinkan Penyelidikan atas Serangan Israel terhadap Jurnalis

Sementara itu Kim Jong Un menggambarkan kesepakatan tersebut merupakan sebuah “batu loncatan” menuju perdamaian militer di semenanjung Korea.

Kim juga berharap untuk bisa mengunjungi Seoul dalam waktu dekat ini. Jika hal itu terjadi, ia akan menjadi pemimpin Korea Utara pertama yang melakukannya.

Tidak hanya itu, Kedua negara juga sepakat untuk meningkatkan hubungan antar-Korea, dan berencana untuk membangun kereta api yang menghubungkan keduanya, serta memungkinkan lebih banyak reuni bagi keluarga yang terpisah oleh perang.

Moon Jae-In menyarankan kunjungan Kim ke Seoul dilakukan sebelum akhir tahun ini. Keduanya pun menyatakan akan berusaha menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 mendatang. (T/R04/B05)

Baca Juga: UNDP: Tingkat Kemiskinan di Palestina Naik Dua Kali Lipat

Mi’raj News Agency (MINA)

Rekomendasi untuk Anda

Amerika
Internasional
Internasional