Pusat Aksi 112 Bergeser ke Masjid Istiqlal

Aksi umat Islam di Masjid Istiqlal, Jakarta pada 4 November 2016. (Foto: Tribune News)

 

Jakarta, 11 Jumadil Awal 1438/9 Februari 2017 (MINA) – Sekretaris Jenderal , mengatakan bahwa rute yang semula direncanakan dari Monas menuju Bundaran Hotel Indonesia, menjadi hanya di Masjid Istiqlal, Jakarta.

“Kami memutuskan di Istiqlal. Dan dari jam tujuh sampai jam sembilan tidak ada aksi, hanya akan mengikuti pengajian di masjid,” ujar Al Khaththath dalam acara konferensi Pers di Gedung Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII), Jakarta, Kamis (9/2).

Hal ini dilakukan untuk menjaga keselamatan para peserta aksi 112 dari provokasi, mengingat ada dua pasangan calon Pilkada yang mengadakan kampanye terakhir dengan jumlah masa yang besar di hari tersebut.

Oleh karena itu, setelah bermusyawarah, FUI memutuskan untuk memodivikasi aksi menjadi zikir dan tausiah nasional sebagai penerapan Al-Quran Surat Al-Maidah ayat 51.

Kebijakan perubahan rute Aksi 112  merupakan inisiatif dan kearifan para ulama dan habib, serta pimpinan ormas Islam yang tergabung dalam FUI, hal ini untuk menjaga kemurnian dan keselamatan perjuangan umat Islam.

Aksi 112 adalah aksi yang bertujuan untuk menolak penodaan Al-Quran, menolak kriminalisasi ulama, menolak penghinaan terhadap ulama, menjaga pilkada yang jujur dan adil, dan wajib memilih gubernur Muslim. (L/ism/M07/RI-1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: hadist

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.