Qatar Beritahu PBB, Pesawat Militer UEA dan Bahrain Masuki Wilayah Udaranya

Pesawat pengangkut militer Uni Emirat Arab. (Foto: dok. Arabian Business)

Doha, MINA – mengklaim bahwa wilayah udaranya telah dilanggar oleh pesawat militer Uni Emirat Arab (UEA) dan Bahrain, lalu mengadukannya   kepada PBB.

Media nasional Qatar, QNA, melaporkan, wilayah penerbangan Qatar dilanggar oleh pesawat tempur dari kapal induk pengangkut militer UEA pada 14 Januari dan 25 Februari.

Sementara sebuah pesawat militer Bahrain juga terbang ke wilayah udara Qatar pada 26 Februari.

QNA mengatakan, Sekretaris Jenderal dan Dewan Keamanan PBB diberitahu tentang kejadian tersebut, yang terjadi pada saat tingginya ketegangan politik di Teluk.

“Qatar meminta Dewan Keamanan PBB mengambil tindakan yang diperlukan … untuk menjaga perdamaian dan keamanan internasional,” kata QNA, demikian Nahar Net melaporkan.

Selama sembilan bulan terakhir, Qatar telah diisolasi oleh tiga negara tetangganya dalam sebuah perselisihan diplomatik yang menyangkut boikot politik, ekonomi, penerbangan..

Arab Saudi, UEA, dan Bahrain yang didukung Mesir telah menuduh Qatar mendukung terorisme, tapi selalu disangkal oleh Pemerintah Doha.

Keempat negara telah menjatuhkan sanksi kepada Qatar, termasuk menutup wilayah udara mereka bagi pesawat Qatar. (T/RI-1/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.