Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan GBK Selama Asian Games 2018 Invitation Tournament

(Sumber: INASGOC)

Jakarta, MINA – Penyelenggaraan Invitation Tournament yang berlangsung 8-15 Februari dan tersebar di tiga lokasi pertandingan yaitu kawasan Gelora Bung Karno (), Hall ABC JIExpo Kemayoran, dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) tak hanya membutuhkan kesiapan arena tanding.

Kesiapan arus lalu lintas yang berperan penting dalam pergerakan seluruh komponen yang terlibat di kegiatan tersebut juga harus diuji coba agar saat Games Times, Agustus mendatang mobilitas para atlit bisa berjalan efektif dan tidak mengalami keterlambatan bertanding akibat terjebak kemacetan.
Untuk kepentingan itulah Polda Metrojaya (sebagai bagian dari INASGOC) bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan memberlakukan pengaturan dengan penutupan dan pembukaan arus lalu lintas di sekitar GBK dan Wisma Atlet serta PRJ kemayoran juga TMII demi memperlancar transportasi.
“Kami akan melakukan rekayasa lalu lintas di seputar GBK yang menjadi pusat kegiatan 2018 Invitation Tournament,” ujar Sekjen Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (INASGOC) Eris Herryanto sebagaimana keterangan pers yang diterima MINA, Rabu (7/2).
Sementara itu, Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Halim Pagarra menjelaskan, rekayasa lalu lintas yang akan diambil yakni membatasi pintu masuk menuju akses masuk dan keluar ke atau dari kawasan GBK.
Bagi atlet, OCA, ofisial, serta personil yang terakreditasi akan melalui Pintu 7 (di depan TVRI atau jalan Graha Pemuda). Sementara untuk pintu masuk dan keluar penonton demi keamanan akan diarahkan hanya melalui pintu Plaza Barat yang berada di jalan Asia Afrika.
“Untuk itu, jalan Graha Pemuda dan Asia Afrika pada hari Minggu, 11 Februari, sampai hari Selasa, 13 Februari 2018 akan diberlakukan sistem buka-tutup untuk kendaraan umum dan memprioritaskan bagi kendaraan khusus untuk Asian Games 2018 Invitation Tournament,” jelas Kombes Pol Halim Pagarra.
Selain itu, jalur busway disepakati akan menjadi Asian Games Line sehingga kendaraan dengan stiker Asian Games bisa menggunakan jalur tersebut. Hingga kini, tengah dikoordinasikan dengan pihak Jasa Marga sebagai pengelola jalan tol dalam kota untuk menggunakan bahu jalan di jalan tol tersebut sebagai bagian dari Asian Games Line.(R/R01/P2)
Mi’raj News Agency (MINA)