Reruntuhan Madrasah Abad Ke-12 Ditemukan di Turki

Foto: Anadolu Agency

, MINA – dari Universitas Harran menemukan sejumlah reruntuhan yang diduga bangunan madrasah (sekolah Islam) abad ke-12 di tenggara Turki, salah satu pemukiman tertua di dunia dalam daftar Tentatif Warisan Dunia UNESCO.

“Saat penggalian, ditemukan sebuah madrasah, yang kami tentukan dengan bukti arkeologis bahwa itu milik era Zengid,” kata Mehmet Onal, kepala Departemen Arkeologi di Universitas Harran seperti dikutip dari Anadolu Agency, Selasa (22/11).

“Sebelumnya, diketahui Harran memiliki lima madrasah. Ini adalah pertama kalinya kami menemukan salah satu madrasah terkenal di Harran ini,” tambahnya.

Onal mengatakan, struktur madrasah memiliki lima kamar, serambi sebagian dan dapur di sebelah kamar dengan kompor besar serta batu bata dan tungku tanah liat.

“Keistimewaan lain dari dapur adalah ada banyak tulang domba dan kambing di dalam perapian dan oven. Ini menunjukkan kepada kita bahwa makanan disiapkan di sini dan orang-orang di sini meninggalkan kota dengan tergesa-gesa, meninggalkan makanan di atas kompor tanpa dimakan, seolah-olah benar-benar yakin bahwa orang-orang Mongol akan mengambil alih kota,” kata arkeolog tersebut.

Harran, bekas ibu kota Asyur dan Umayyah yang terletak 44 kilometer (27 mil) tenggara kota Sanliurfa dekat perbatasan Suriah adalah pusat perdagangan Mesopotamia yang penting dan membentang ke selatan ke Niniwe di Irak modern, dan terus dihuni sejak 6.000 SM.

Onal mengatakan, Harran sering disebutkan dalam buku-buku sejarah karena merupakan salah satu pemukiman tertua di dunia.

Sementara itu, Cihat Koc, seorang pejabat lokal di Harran mengatakan, sejarah pendidikan di mota itu dimulai dari 3.000 SM, studi dilakukan di bidang-bidang seperti astronomi, matematika, filsafat dan teologi.

Harran adalah tempat yang memelopori pendidikan sains dan ilmiah, kata Koc, menambahkan: “Dengan pekerjaan kami tahun ini, kami telah menemukan yang pertama dari lima madrasah besar, lima kampus universitas besar”.

“Universitas pertama di dunia ada di Harran. Kami serius bekerja untuk mengungkap semua reruntuhan universitas ini, ”tegasnya.

Penggalian pertama di Harran dimulai sejak 1950. Situs ini telah masuk dalam daftar tentatif UNESCO sejak tahun 2000.

Harran adalah kota kuno yang penting di mana rute perdagangan dari Iskenderun ke Antakya (Antiokhia kuno) dan Kargam berada, menurut situs web UNESCO. (T/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.