RIBUAN ORANG PROTES PEMBUNUHAN MASSA TERHADAP WANITA AFGHAN

Sebagian wanita Afghanistan yang berunjuk rasa mencat merah wajahnya sebagai simbol wajah Farkhunda yang tewas dibunuh massa karena dituduh membakar Al-Quran. (Foto: AP)
Sebagian yang berunjuk rasa mencat merah wajahnya sebagai simbol wajah Farkhunda yang tewas dibunuh massa karena dituduh membakar Al-Quran. (Foto: AP)

Kabul, 5 Jumadil Akhir 1436/25 Maret 2015 (MINA) – Ribuan orang turun ke jalan ibukota Afghanistan, menuntut keadilan bagi seorang wanita yang dipukuli sampai mati oleh massa sepekan lalu, setelah dituduh membakar Al-Quran.

Pria dan wanita dari segala usia membawa spanduk dan sebagian mencat merah wajahnya sebagai simbol wajah Farkhunda yang berlumuran darah, Al Jazeera yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), melaporkan.

Farkhunda adalah ulama wanita berusia 27 tahun yang baru memperoleh gelar sarjananya di bidang ilmu agama dan akan mengajar sebagai guru.

Farkhunda dipukuli, dilindas dengan mobil dan dibakar sebelum tubuhnya dilemparkan ke Sungai Kabul.

Serangan itu dilatarbelakangi dari perselisihan antara Farkhunda dengan orang-orang yang menjual di kuil terkenal Shah-Do Shamshera, Kabul.

Menurut keluarga dan teman-temannya, Farkhuda menghimbau para perempuan untuk tidak membuang-buang uangnya untuk membeli jimat.

Dan ayahnya, Mohammed Nadir, mengatakan, orang-orang meresponnya dengan membuat tuduhan palsu yang menyatakan anaknya membakar Al-Quran, memicu terjadinya serangan brutal.

Panitia menyatakan, protes diperkirakan diikuti sampai 3.000 orang. Peserta unjuk rasa meneriakkan “Keadilan untuk Farkhunda!” dan “Kematian bagi pembunuh!”

Pimpinan Direktorat Keamanan Nasional Amrullah Saleh mengatakan, para demonstran berusaha membuat Farkhunda sebagai ikon perjuangan melawan “ketidakadilan, pengadilan massa, kekerasan jalanan, kekerasan terhadap perempuan, pelanggaran hukum, ekstremisme, dan terutama ketidakadilan terhadap perempuan”.

Polisi dilaporkan menyaksikan pembunuhan oleh massa waktu itu tanpa melakukan tindakan pencegahan.

Kementerian Dalam Negeri mengatakan, 28 orang telah ditangkap dan 13 petugas polisi dipecat sebagai bagian dari penyelidikan.

Juru bicara polisi Kabul, Hashmat Stanikzai, telah dipecat terkait komentarnya di media sosial yang mendukung pembunuh Farkhunda.

Para demonstran juga menyerukan adanya tindakan terhadap pejabat dan pemimpin agama yang awalnya mengatakan, pembunuhan Farkhunda dibenarkan jika dia telah membakar Al-Quran.

Di hari yang sama, Uni Eropa pun menyerukan agar para penyerang dibawa ke pengadilan. (T/P001/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0