Rudal Houthi Yaman Dilaporkan Hantam Kapal di Tenggara Aden

Kapal di Laut Merah dihantam rudal dari Yaman. (Foto: dok. Nahar Net)

London, MINA – Organisasi Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO) mengatakan, mereka menerima laporan mengenai sebuah rudal yang menghantam sebuah kapal di tenggara kota Aden di Yaman selatan, tak lama setelah penduduk di provinsi tengah Al-Bayda dan provinsi tetangga Abyan melaporkan melihat sebuah rudal ditembakkan dari daerah yang dikuasai Houthi.

“UKMTO telah menerima laporan kejadian 95NM Tenggara Aden, Yaman. Nakhoda melaporkan sisi kiri kapal terkena serangan rudal dari atas,” kata badan tersebut, Senin (15/1).

Peringatan itu muncul sekitar satu jam setelah penduduk setempat di distrik Lawdar di Abyan – yang dekat dengan lokasi peluncuran rudal – melaporkan melihat sebuah rudal diluncurkan dari wilayah yang dikuasai Houthi di Mukayras Al-Bayda terbang di atas lingkungan mereka.

Baca Juga:  Jadi Sapi Favorit Qurban, Ini 5 Keunggulan Sapi Bima

“Rudal diluncurkan sekitar pukul 15.55 dari posisi perbukitan yang dikuasai Houthi di Mukayras, dan warga mendengar ledakan dan mengamati asap rudal di langit,” Mohsen Al-Markhi, jurnalis dari Lawder, mengatakan kepada Arab News melalui telepon.

Rudal lain yang diluncurkan oleh Houthi meledak di dekat sebuah desa di provinsi selatan Al-Dhale pada hari Senin, hanya beberapa jam setelah AS menembak jatuh rudal Houthi yang ditujukan ke kapal Angkatan Laut AS di Laut Merah.

Sejak dimulainya serangan Houthi di Laut Merah pada bulan November, penduduk di seluruh Yaman, terutama mereka yang tinggal di atau dekat wilayah yang dikuasai Houthi, telah melaporkan melihat rudal dan drone Houthi terbang di atas wilayah mereka, sementara yang lain meledak di dekat lahan pertanian mereka setelah gagal mencapai targetnya. (T/RI-1/P2)

Baca Juga:  Israel ‘Tidak Yakin’ Apakah Pemimpin Hamas Ada di Rafah

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi