Rusia Desak Pelaksanaan Resolusi Gencatan Senjata di Gaza Segera

Pertemuan Dewan Keamanan PBB (foto: UN Official)

Moskow, MINA – Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan, resolusi Dewan Keamanan PBB mengikat semua negara anggota, termasuk Resolusi 2728 yang disahkan pada 25 Maret 2024 mengenai gencatan senjata di harus segera dilaksanakan.

“Rusia terus menekankan pentingnya implementasi segera keputusan Dewan Keamanan yang disebutkan di atas,” kata Zakharova di Moskow, Rusia, Rabu (10/4), Anadolu Agency melaporkan.

Zakharova mengkritik cara perwakilan Amerika Serikat di Dewan Keamanan PBB menyebut beberapa ketentuan dalam resolusi tersebut tidak mengikat.

“Di sisi lain, kita melihat bahwa beberapa negara telah benar-benar melupakan apa itu kekebalan diplomatik, apa itu kekebalan konsuler dalam kaitannya dengan pegawai lembaga asing, dalam kaitannya dengan misi diplomatik,” katanya, merujuk pada serangan udara baru-baru ini terhadap misi diplomatik Iran di Damaskus, Suriah, yang menyebabkan sedikitnya 13 orang tewas.

Baca Juga:  Warga London Memprotes Serangan Israel di Rafah

Zakharova memperingatkan, pelanggaran terhadap resolusi Dewan Keamanan PBB mungkin memerlukan tindakan yang lebih keras, termasuk oleh badan peradilan internasional.

“Saya ingin mengingatkan Anda bahwa pelanggaran sistematis yang berat terhadap resolusi Dewan Keamanan, serta norma-norma hukum humaniter internasional, dapat menjadi dasar bagi tindakan yang lebih tegas, baik oleh Dewan Keamanan maupun otoritas peradilan internasional. Kami akan terus mengawasinya. perkembangannya,” ujarnya.

Israel telah membunuh lebih dari 33.000 warga di Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023. (T/RE1/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: sajadi

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.