Sambut Hari HAM Sedunia, Komnas HAM Gelar Berbagai Kegiatan

Pameran foto Komnas HAM dalam memperingati Hari HAM Sedunia di Gedung Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat (foto: Aisyah/MINA)

Jakarta, MINA – Dalam rangka memperingati hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional yang diperingati setiap 10 Desember, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menggelar berbagai rangkaian acara.

“Berbagai kegiatan dilaksanakan Komnas HAM dalam rangka menyambut hari HAM internasional ini, dimulai dari pemutaran film, diskusi di kantor perwakilan Komnas HAM di daerah-daerah yang dimulai sejak 4 Desember lalu, pameran foto dan seminar nasional,” kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik saat memberikan sambutannya dalam acara Pembukaan Peringatan Hari HAM Sedunia di Gedung Komnas HAM, Jakarta Pusat, Senin (9/12).

Damanik mengatakan, peringatan hari HAM kali ini mengambil tema “20 Tahun Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, Refleksi dan Proyeksi.”

“Hal ini bertujuan untuk menyegarkan kembali perjalanan panjang penanda atau milestone HAM di Indonesia yaitu UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia. Undang-undang yang lahir setelah Reformasi 1998, yang saat ini telah mencapai dua dasawarsa,” katanya.

Sementara Komisioner Komnas HAM Mohammad Choirul Anam mengatakan, pameran foto ini merefleksikan bahwa HAM dinamika Komnas HAM dalam hidup bernegara itu penting. Pameran ini berlangsung selama lima hari, (9-13/12) di Gedung Komnas HAM.

“Kita merefleksikan diri bahwa HAM ini, dalam kurun waktu yang sangat panjang itu dinamika Komnas HAM dalam hidup bernegara itu penting, kalau dulu orang dipanggil sama Komnas HAM Jenderal atau siapa pun datang, coba lihat itu ada foto-foto yang mereka dulu dipanggil datang untuk menyelesaikan kasus ham berat, sekarang tradisi itu ngga ada, nah itu yang kami ingin merefleksikan kembali dengan foto-foto,” ujar Anam.

Lebih lanjut Anam mengatakan, perlu diingat bahwa Komnas HAM itu rumah harapan, semua orang bisa masuk ke sini, tanpa melihat background mereka dari mana, siapa pun mereka yang ketika merasa HAM nya dilanggar silakan datang ke sini. (L/Ais/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)