Saudi Siapkan Petugas Bahasa Isyarat dan Quran Braille


Mekkah, MINA  – Pemerintah Arab Saudi menyiapkan petugas bahasa isyarat, Al-Quran braille dan kursi roda listrik khusus untuk penyandang yang akan melaksanakan ibadah umrah dan .

Beberapa fitur baru itu disiapkan untuk musim haji mendatang di Mekkah dan Madinah. Saudi Gazette melaporkan, Ahad (16/12).

Seorang pejabat di kantor Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci menggambarkan mereka yang cacat sebagai “orang yang memiliki motivasi tinggi dengan kekuatan khusus”.

“Layanan telah dibentuk untuk membantu mereka, memberi mereka kemudahan dan kenyamanan serta menghindari komplikasi, terutama selama masa puncak ibadah haji,” lanjutnya.

Ahmed Al-Burqati, yang bertugas di kepresidenan, mengatakan, ada pintu masuk yang ditunjuk untuk memudahkan akses ke tempat-tempat ibadah, termasuk tempat-tempat di lantai pertama Raja Fahd di Masjidil Haram.
fasilitas lainnya termasuk pena yang berfungsi untuk membaca Al-Qur’an, dan bantuan untuk membawa Al Qur’an bagi orang yang tidak dapat membawannya.

Salinan Al-Qur’an braille dan buku-buku keagamaan  disediakan secara cukup, dan tersedia juga petugas kuhsus di lokasi untuk membantu para peziarah selama waktu shalat dan membimbing mereka melalui situs-situs masjid, tambahnya.

Layanan khusus lainnya adalah kereta golf untuk mengangkut kursi roda menuju area shalat, pintu masuk yang ditentukan, penerjemah bahasa bagi mereka yang mengalami gangguan pendengaran atau bicara, tongkat untuk orang buta  dan kursi roda listrik untuk melakukan ritual keagamaan utama seperti tawaf. (T/RS2/B05)

Mi’rajNews Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.