SEBANYAK 473 PESERTA DARI 34 PROVINSI MERIAHKAN STQ TINGKAT NASIONAL XXIII

Foto: Kemenag
Foto: Kemenag

Jakarta, 29 Syawwal 1436/15 Agustus 2015 (MINA) – Sebanyak 473 peserta dari 34 provinsi mengikuti Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Nasional XXIII yang berlangsung dari 9-16 Agustus di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Berdasarkan Informasi yang diterima Mi’raj Islamic News Agency dari Kemenag, sejak dibuka oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saefuddin pada Senin (10/8), setiap cabang menampilkan 15-17 peserta perhari.

Dimulai sejak pukul 08.00 WIB, perlombaan dilangsungkan hingga pukul 22.00 WIB dengan jeda istirahat sebanyak tiga kali.

Peserta yang terdiri dari 243 peserta laki-laki dan 227 peserta perempuan akan mengikuti tiga cabang perlombaan dengan delapan golongan dengan rincian: cabang tilawah terbagi dua golongan, cabang hifdzil qur’an lima golongan dan cabang tafsir Bahasa Arab satu golongan.

“Secara keseluruhan penyelenggaraan event STQN berjalan dengan lancar. Sejak awal pelaksanaan, pihaknya berkoordinasi dengan panitera dan panitia untuk melakukan pemantauan sehingga pelaksanaan perlombaan berjalan tertib dan tepat waktu,” kata Ahsin Sakho Muhammad ketua Dewan Hakim STQN XXIII.

Dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta itu menambahkan, cabang tilawah menjadi cabang yang paling banyak tampil mengingat dari 34 provinsi seluruhnya mengirimkan delegasinya pada dua golongan yaitu anak-anak dan dewasa.

Begitu pula dengan golongan hifdzil qur’an satu juz, seluruh provinsi menyertakan utusannya.

“Cabang Hifdzil Qur’an 30 juz dan tafsir bahasa Arab merupakan cabang yang paling banyak membutuhkan waktu tampil,” ujar Ahsin Sakho.

Menurut Subhan Nur, Lc, panitera pada cabang Hifdzil Qur’an 30 juz dan tafsir bahasa Arab, setiap peserta rata-rata membutuhkan waktu 20-30 menit untuk tampil. Walhasil, setiap hari hanya 10-11 peserta yang tampil.

Subhanallah, saya kagum dengan para peserta Hifdzil Qur’an dan Tafsir Bahasa Arab ini. Selain penampilannya mengesankan, juga kemampuan penguasaan materi yang baik,” tutur Rahman, salah satu pengunjung yang setia menyaksikan cabang tersebut.

Rencananya acara Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Nasional XXIII akan ditutup langsung oleh Menteri Agama, Sabtu (15/8) pukul 19.30 WIB bertempat di Gedung Serbaguna I Asrama Haji Pondok Gede. Selain pemberian hadiah, penutupan itu juga akan dimeriahkan pentas seni. (T/P010/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0